Kamis, 16/08/2018 16:42 WIB

Korut Bongkar Tempat Uji Coba Nuklirnya

Pembongkaran dilakukan di pegunungan di utara timur laut yang jarang penduduknya.

Citra file satelit menunjukkan situs uji Punggye-ri di Korea Utara (Foto: AP)

Punggye-ri - Pemerintah Korea Utara membongkar situs uji coba nuklirnya Kamis, (24/5). Pembongkaran dilakukan di pegunungan di utara timur laut yang jarang penduduknya, terpusat di tiga terowongan ke situs bawah tanah dan sejumlah menara observasi di daerah sekitarnya.

Penutupan yang direncanakan sebelumnya diumumkan oleh pemimpin Kim Jong Un menjelang KTT yang direncanakan dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bulan depan.

Keputusan Korea Utara untuk menutup situs uji coba nuklir Punggye-ri dipandang sebagai hal yang positif menjelang KTT. Meski begitu, itu bukan langkah yang tidak dapat diubah dan perlu diikuti oleh lebih banyak tindakan signifikan untuk memenuhi tuntutan Trump untuk denuklirisasi nyata.

Pada acara pembongkaran itu sejumlah media asing dihadirkan, terutama jaringan televisi. Ia berharap hadirnya media asing bisa menyebar luarkan penutupan tersebut, termasuk ledakan untuk meruntuhkan pintu masuk terowongan. Kelompok ini termasuk awak Televisi Associated Press.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo berjanji, ika Korea Utara mengambil tindakan berani untuk denuklirisasi dengan cepat, negaranya siap memperbaikin ekonomi Korea Utara, setara dengan teman-teman Korea Selatan kami

TAGS : Korea Utara Amerika Serikat rudal




TERPOPULER :