Rabu, 19/09/2018 21:28 WIB

5000 Pemuda Ikuti Apel Kebangsaan

Kegiatan diisi dengan Apel Kebangsaan, Kemah Pendidikan, dan berbagai lomba.

Apel Pemuda

Jakarta – Sekitar lima ribu pemuda pelajar dari seluruh Indonesia mengikuti  Apel dan Kemah Kebangsaan Pemuda Pelajar Indonesia yang dilaksanakan di Lapangan PPPON Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (2/5). Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan sebagai langkah komitmen pelajar dalam upaya mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menpora Imam Nahrawi yang mewakili Presiden, menghadiri dan memberikan sambutan dengan penuh semangat. “Saya bangga melihat adik-adik semua yang dari pagi berdiri di lapangan bersemangat mengikuti apel ini. Ini menjadi bukti bahwa meskipun kalian semua berasal dari organisasi yang berbeda, namun kalian bisa berkumpul bersama dan bersilaturahmi di acara ini. Saya senang kegiatan ini, tepat di hari Pendidikan Nasional menjadi sejarah bahwa pelajar pemuda IPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama), IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah), dan PII (Pelajar Islam Indonesia) bisa berkumpul bersama," kata Menpora Imam Nahrawi yang juga didampingi oleh Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah, Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta dan Staf Khusus Anggia Ermarini dan Zainul Munasichin.

Deputi Pengembangan Pemuda Asrorun Niam Sholeh menyatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk meneguhkan komitmen pemuda pelajar Indonesia untuk berpartisipasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu, kegiatan ini juga guna meneguhkan komitmen untuk meningkatkan pendidikan yang berkeadaban, mencegah terjadinya kekerasan dan eksploitasi di dunia pendidikan, menanggulangi bahaya narkoba, terorisme, dan kenakalan remaja, serta ujaran kebencian dan penyebaran hoaks di dunia siber.

Pemuda pelajar Indonesia juga berkomitmen meneguhkan persatuan dan mengedepankan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan. Di samping itu, mereka juga berkomitmen untuk menjadikan agama sebagai kaidah penuntun dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Selepas apel, para peserta akan mengikuti talk show milenial penguatan generasi muda dan cinta tanah air. Mereka juga akan mengikuti kegiatan olahraga dan beberapa permainan edukasi untuk menjalin keakraban dan kekompakan.

“Pada Rabu malam, para peserta akan diberikan panggung untuk mengekspresikan keseniannya pada kegiatan Malam Mimbar Pelajar. Selain untuk seni, mimbar juga dibuka bagi pelajar yang ingin menyampaikan orasi pendidikan,” kata Ketua Panitia Nasional Kemah Pendidikan dan Apel Kebangsaan Abdullah Muhdi.

Kegiatan ini akan dilaksanakan tanggal 2-3 Mei 2018. Kegiatan diisi dengan Apel Kebangsaan, Kemah Pendidikan, lomba vlog konten-konten positif, seminar kebangsaan, latihan bela negara, lomba menulis surat ke Presiden, olahraga, serta apresiasi seni dan budaya. Acara ini juga diikuti oleh pemuda dari 21 negara. Kemenpora memfasilitasikegiatan ASEAN Plus Youth Camp, yang dibuka tanggal 1 Mei 2018.

TAGS : Apel pemuda kemenpora




TERPOPULER :