Jum'at, 16/11/2018 21:14 WIB

Presiden Korsel: Trump Layak Dapat Nobel Perdamaian

Sebab pemimpin Paman Sam itu karena berhasil menghangatkan hubungan Korea Utara dan Korea Selatan.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump (Foto: Twitter)

Seoul - Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menyatakan bahwa Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump layak mendapatkan Nobel Perdamaian. Sebab pemimpin Paman Sam itu karena berhasil menghangatkan hubungan Korea Utara dan Korea Selatan.

Penghargaan ini menurut Moon tak muluk-muluk. Pasalnya pada 2000 silam, mantan Presiden Korsel Kim Dae-jung juga mendapatkan penghargaan serupa, atas perannya mengatur pertemuan dengan Korut.

"Trump layak dapat Nobel Perdamaian," kata Moon kepada awak media pada Senin (30/4) kemarin dilansir dari CNN.

"Satu-satunya yang kami butuhkan ialah perdamaian," imbuhnya usai pertemuan kabinet di kantor kepresidenan Korea Selatan.

Pernyataan Moon muncul tiga hari setelah Korut dan Korsel mencetak pertemuan bersejarah. Kedua negara duduk satu meja membicarakan denuklirisasi serta upaya meredakan ketegangan yang terbangun sejak 1953 silam.

Dalam konferensi pers usai pertemuan, Moon memuji Trump atas usahanya mengakurkan kedua negara bertetangga tersebut. Trump disebut berkontribusi besar dalam proses perdamaian duo Korea di waktu yang akan datang.

Diketahui, Nobel Perdamaian merupakan satu dari enam penghargaan yang diberikan oleh Komite Nobel setiap tahun. Biasanya, penganugerahan gelar prestisius itu dilakukan setiap 10 Desember, untuk memperingati kematian Alfred Nobel.

TAGS : Korea Selatan Amerika Serikat Korut Donald Trump




TERPOPULER :