Senin, 18/02/2019 10:46 WIB

Kenali Asam Urat, Penyebab, dan Mengatasinya

Jika tidak segera ditangani dengan baik, hal tersebut bisa menyebabkan asam urat akut.

Ilustrasi asam urat

Jakarta - Jika Anda tiba-tiba mengalami rasa tidak nyaman pada bagian sendi, kemungkinan besar kamu akan menganggap hal itu sebagai hal yang biasa. Mungkin dikiranya hanya kelelahan, kebanyakan duduk, atau kurang olahraga. Eits, tapi jangan anggap remeh gejala itu. Bisa saja itu adalah cikal bakal asam urat melanda tubuh Anda.

Penyakit yang bagi kalangan dokter disebut gout ini, adalah sejenis penyakit sendi yang terjadi akibat kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah. Bila kondisi normal, asam urat akan larut dalam darah dan kemudian dikeluarkan melalui urine.

Namun, dalam kondisi tertentu, kandungan berlebihan akan menimbulkan gangguan dan akan menumpuk dalam tubuh. Nah, akhirnya akan terbentuklah kristal di sendi yang memicu nyeri dan pembengkakan di berbagai sendi tubuh. Bahaya lagi, kristal itu bisa terbentuk di ginjal dan saluran kemih. Tak ayal, hal tersebut akan mengganggu fungsi ginjal atau menyebabkan batu saluran kemih.

Jika tidak segera ditangani dengan baik, hal tersebut bisa menyebabkan asam urat akut. Untuk mengetahui apakah Anda terkena asam urat atau tidak, berikut ini adalah ciri-ciri asam urat yang perlu Anda ketahui.

#Kaki Terasa Terbakar

Jika Anda merasakan bagian kaki terasa panas, maka saat itu telah mengalami  kadar asam urat yang sangat tinggi dalam darah. Rasanya mulai dari jempol kaki, kemudian menyebar ke semua bagian. Anda akan merasa "tersiksa", karena akan  membuat sulit istirahat yang cukup. Rasa sakit ini memang tidak sering muncul atau hanya sebentar saja. Tapi jangan dianggap remeh, karena jika tidak ditangani Anda rasa panas itu akan kerap datang kembali.

#Nyeri dan sakit

Bila Anda merasakan nyeri dan sakit di bagian kaki yang seringnya dialami pada malam hari. Pada bagian-bagian tertentu akan terasa panas dan lemah untuk digerakkan. Kadang gejala ini dianggapnya hanya rematik bagian orang yang berusia tua. Padahal itulah salah satu gejala asam urat menyerang tubuh. Alangkah baiknya lakukan pemeriksaan kadar asam urat dalam darah.

#Bengkak dan Kemerahan

Akan terjadi pembengkakan atau kemerahan pada bagian sendiri. Gejala bengkak biasanya terjadi setelah serangan asam urat. Kondisi ini kerap dialami bagi orang tua yang punya penyakit lainnya atau komplikasi dengan kadar gula darahnya. Sedangkan kalau kemerahan, biasanya inilah gejala yang sudah sangat kompleks karena indikasi indikasi asam urat yang sangat tinggi dalam tubuh.

Penyebab Asam Urat

Dari ciri-ciri itu, akan Anda mesti memperhatikan apa penyebab yang membuat Anda terkena serangan asam urat. Biasanya hal itu terjadi akibat pola makan yang buruk. Tak hanya itu, bisa juga karena terlalu konsumsi jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi atau daging tinggi lemak.

 

Selain makanan berkolesterol tinggi, perhatikan juga jenis makanan laut. Misalnya, ikan, kerang, cumi-cumi, kepiting. Kemudian hindari secara berlebihan minuman mengandung gula atau zat pemanis. Minuman lainnya yang layak dihindari adalah alkohol, bersoda, dan yang mengandung untuk meningkatkan energi tubuh.

Mengatasinya?

Nah, satu hal yang patut Anda ketahui bila sudah terkena gejala asam urat adalah mengobatinya. Ada berbagai obat asam urat dan obat kolesterol alami yang dapat Anda konsumsi.

Minuman Jahe: Mungkin bisa dikatakan minuman ini tidak sulit untuk ditemukan di toko-toko, pasar, atau membuat sendiri. Minuman ini akan mengatasi masalah peradangan dalam tubuh yang sering menyebabkan rasa sakit pada persendian. Minuman  berbahan jahe selain ampuh untuk penderita asam urat, punya banyak khasiat bagi tubuh. Anda cukup merebus jahe dengan air dan kemudian diminumkan secara rutin.

Buah Bervitamin C : Makanlah buah-buahan yang mengandung vitamin C. Ini akan  memberi efek baik untuk menurunkan resiko peradangan akibat asam urat yang tinggi. Nah, salah satu buah yang patut dikonsumsi adalah jeruk. Anda bisa juga meminum buah ini dalam bentukan jus untuk menurunkan menurunkan asam urat. Jeruk mengandung senyawa yang bisa mengalahkan jaringan yang rusak akibat asam urat tinggi. Namun, bagi Anda yang punya penyakit maag, alangkah baiknya cara ini dihindari.

Sari Apel atau Madu : Untuk Anda yang menderita gangguan pada lambung atau maag, sari apel bisa menjadi acuan pengganti jeruk.  Sari apel mengandung vitamin C tinggi yang bisa mencegah peradangan termasuk peradangan. Anda hanya cukup minum segelas air hangat yang boleh saja dicampur satu sendok madu, karena dua bahan ini terkandung  nutrisi yang sangat baik untuk tubuh.

TAGS : asam urat kolesterol penyakit sendi




TERPOPULER :