Kamis, 15/11/2018 07:10 WIB

Indonesia Lirik Jadi Tuan Rumah Konferensi Menteri Pemuda

Konferensi dihadiri oleh delegasi dari 57 negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

Delegasi RI di Konferensi Islam Menpora

Baku - Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar, Indonesia memiliki peluang dan memberanikan diri untuk menjadi tuan rumah Islamic Conference of Youth and Sports Ministers yang saat ini digelar di Baku, Azerbaijan. Namun, hal ini harus dilihat nilai strategisnya dan dikoordinasikan dengan pihak-pihak terkait.

“Untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah, harus dibicarakan dulu secara intens di Kemenpora dan Kementerian Luar Negeri,” ujar Sekretaris Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Esa Sukmawijaya mewakili Deputi dan Menpora saat memimpin delegasi pemuda Indonesia menghadiri konferensi tersebut.

Selain pejabat Kemenpora, Delegasi Republik Indonesia (Delri) terdiri dari pejabat fungsional diplomatik pada KBRI di Baku, Ketua OIC Youth Indonesia, dan para aktifis pemuda dari HMI, PMII, IMM. Delegasi yang dipimpin Esa Konferensi yang berlangsung pada tanggal 17-19 April 2018 ini.

Konferensi dihadiri oleh delegasi dari 57 negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) ini, minus Suriah. Mengangkat tema utama Youth Solidarity in Actions.

Pada hari pertama konferensi, seluruh peserta konferensi aktif membincangkan sejumlah kerangka kerjasama dan isu aktual yang dirangkum dalam sebelas draf resolusi. Antara lain Organizatio of Islamic Cooperation (OIC) Youth Strategy, Youth Waqf an _Joint Youth Plan of Actions for  2019-2020, dan Implementation Plan of OIC Youth Strategy.

Adapun terkait OIC Youth Strategy, isu yang dibahas mencakup Education, Employment, Social Inclusion, Extremism, Entrepreneurship, Public Health, Marriage and Early Marriage, Youth Engagement & Civil Society, Cultural Challenges and Globalization, Migration and Integration.

Satu hal yang cukup menarik adalah menguatnya wacana untuk mengusulkan Saudi Arabia sebagai tuan rumah  penyelenggaraan konferensi yang ke-5 pada tahun 2020. Saudi Arabia sendiri sempat menjadi tuan rumah konferensi yang pertama dan kedua. Istanbul, Turki berkesempatan sebagai tempat penyelenggaraan konferensi ke-3 pada Oktober 2016 yang lalu. 

Libya sudah mengajukan diri sebagai tempat perhelatan konferensi pada tahun 2022. Maka jika Indonesia berminat menjadi tuan rumah, maka itu bisa diajukan untuk konferensi tahun 2024.

TAGS : pemuda konferensi pemuda ICYSM




TERPOPULER :