Jum'at, 17/08/2018 13:56 WIB

Trump Ngobrol Level Tingkat Tinggi dengan Korut

Ia membocorkan lima tempat yang sedang dalam pertimbangannya untuk bertemu dengan pemimpin Korut, Kim Jong Un

Presiden Amerika Seriakat Donald Trump (Foto: Denis Balibouse)

Washington - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan, Gedung Putih dan Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK) memulai pembicaraan langsung di level tingkat tinggi. Begitu kata Trump di resort Mar-a-Lago di negara bagian Florida AS setelah menjamu Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe.

"Kami telah melakukan pembicaraan langsung di level tingkat tinggi dengan Korea Utara (Korut)," kata Trump, dikutip dari Xinhua, Rabu (18/4).

Selain itu, ia juga membocorkan lima tempat yang sedang dalam pertimbangannya untuk bertemu dengan pemimpin Korut, Kim Jong Un, yang diagendakan berlangsung pada Mei atau awal Juni.

Saat ditanya apakah tempat itu berada di Amerika Serikat, Trump mengatakan, "tidak."

Ketegangan di Semenanjung Korea mencair dalam beberapa bulan terakhir. Seoul dan Pyongyang sepakat untuk mengadakan pertemuan puncak pada tanggal 27 April, pertemuan pertama antara para pemimpin kedua belah pihak dalam 11 tahun.

"Mereka menerima sarang saya untuk mengakhiri perang," kata Trump sebelum bertemu dengan Abe pada Selasa sore, mengacu pada pertemuan antar-Korea mendatang.

Perang Korea 1950-1953 berakhir dengan gencatan senjata. Semenanjung Korea secara teknis masih dalam keadaan perang.

Abe sedang dalam kunjungan kerja dua hari di Mar-a-Lago mulai dari Selasa (17/4). Ia berdiskusi dengan Trump saoal denuklirisasi Semenanjung Korea, perdagangan bilateral dan isu-isu lainnya.

TAGS : Korea Utara Amerika Serikat Jepang




TERPOPULER :