Jum'at, 26/04/2024 17:27 WIB

China Naikkan Tarif Impor Sorgum AS

Kenaikan tarif itu terjadi sehari setelah Departemen Perdagangan AS melarang salah satu perusahaan teknologi terbesar China

Ilustrasi Pekerja China (foto: upi.com)

Jakarta - Pemerintah China menaikkan tarif hingga 179 persen pada sorgum (gandum,Red) Amerika Amerika, yang mencapai sekitar $1 miliar, atau setara dengan Rp13,45 triliun untuk aktivitas impor ke China dalam setahun.

Kenaikan tarif itu terjadi sehari setelah Departemen Perdagangan AS melarang salah satu perusahaan teknologi terbesar China menjual ke perusahaan AS.

Tarif sorgum terbaru dinilai sebagai "deposit" oleh Kementerian Perdagangan China, yang datang setelah keputusan awal dari kementerian bahwa perusahaan AS telah memasukkan sorgum gandum di pasar China, menyebabkan kerusakan signifikan terhadap produsen domestik.

Investigasi dua bulan menemukan bahwa sorgum AS menikmati subsidi pemerintah dan impor merugikan petani China. Tarif berlaku pada Rabu dan importir akan diminta untuk membayar deposito dengan bea cukai China dengan laju 178,6 persen.

Ekspor sorgum AS meningkat dari 317.000 ton pada 2013 menjadi 4,76 juta ton pada 2017, menurut data Beijing. Petani Sorgum, sementara itu, berjuang dengan penurunan 31 persen dalam harga.

Keputusan untuk "memukul" sorgum AS dengan tarif tidak melanggar hukum internasional, kata Wang Hejun, kepala departemen perdagangan perdagangan dan biro investigasi.

Sehari sebelumnya, Departemen Perdagangan AS mengatakan ZTE, salah satu perusahaan teknologi terbesar China, berbohong kepada pejabat AS tentang mengambil tindakan terhadap karyawan yang melanggar sanksi AS terhadap Korea Utara dan Iran sebelum menerapkan larangan penjualan ZTE oleh AS baru-baru ini.

"ZTE membayar bonus penuh kepada karyawan yang terlibat dalam perilaku ilegal, dan gagal mengeluarkan surat teguran," kata Departemen Perdagangan dalam pernyataannya.

Beijing menantang klaim AS bahwa perusahaan seperti ZTE melanggar undang-undang AS dan mencuri kekayaan intelektual AS.

"ZTE memiliki berbagai kerjasama perdagangan dan investasi dengan beberapa ratus perusahaan Amerika, menyediakan Amerika Serikat dengan ribuan pekerjaan," tulis kementerian perdagangan China.

Larangan AS melarang penjualan komponen ZTE ke perusahaan AS selama tujuh tahun.

KEYWORD :

China Amerika Bisnis Internasional




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :