Selasa, 26/03/2019 04:57 WIB

G7 Dukung Keputusan AS Serang Suriah

Ketua dewan G7 mengatakan dirinya dan pemimpin-pemimpin G7 lainnya tegas mendukung serangan balasan yang diluncurkan AS terhadap Suriah.

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau (Foto: Financial Tribune)

Kanada – Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan semua pemimpin negara-negara The Group of Seven (G7) mengecam penggunaan senjata kimia di Suriah oleh rezim Bashar al-Assad.

"Kami, pemimpin dari Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Eropa, bersatu mengecam keras penggunaan senjata kimia pada Sabut 7 April di Ghouta Timur, Suriah," Trudeau dalam keterangan tertulis yang dirilis pada Senin (16/4) waktu setempat.

Ketua dewan G7 mengatakan dirinya dan pemimpin-pemimpin G7 lainnya tegas mendukung serangan balasan yang diluncurkan AS terhadap Suriah.

"Kami mendukung penuh semua upaya yang dilakukan AS, Inggris, dan Prancis untuk menekan kemampuan rezim Assad terus menggunakan senjata kimia, melalui aksi yang dilakukan pada 13 April," lanjut pernyataan tersebut.

"Respon itu terbatas, proporsional, dan penting serta diambil hanya setelah kehabisan pilihan jalur diplomatik terkait penggunaan senjata kimia."

Penggunaan senjata kimia sudah dilarang oleh komunitas internasional setelah Perang Dunia I. Komitmen itu diperkuat lagi pada 1972 dan 1993 dengan melarang pengembangan, penimbunan, dan penjualan senjata-senjata itu.

"Penggunaan senjata kimia menjadi pelanggaran Konvensi Senjata Kimia dan adalah ancaman terhadap perdamaian dan keamanan internasional," kata G7.

Mereka juga mengatakan masih terus mendukung jalur diplomasi sebagai alat untuk menghentikan konflik Suriah.

"Kami tetap berkomitmen mencari solusi diplomatik untuk mengakhiri konflik di Suriah," ujar Trudeau. (aa)

TAGS : Senjata Kimia Kanada Justin Trudeau G7




TERPOPULER :