Selasa, 24/04/2018 11:57 WIB

Putin Sebut Tindakan AS Bakal Bikin Kacau Dunia

Putin dalam komunikasinya dengan Pemerintah Iran menambahkan serangan mematikan itu telah melanggar hukum internasional,

Putin dan Trump (Foto: Reuters)

Jakarta – Presiden Rusia, Vladimir Putin menilai serangan udara yang dilakukan Amerika Serikat dan sekutunya pad Sabtu di Suriah akan menghasilkan kekacuaan dalam hubungan internasional.

“Serangan itu pasti akan mengarah pada kekacauan dalam hubungan internasional,” ujar Putin saat melakukan komunikasi dengan mitranya Iran, Hassan Ruhani dilansir Xinhua.

Sebelumnya, Amerika Serikat bersama dengan Inggris dan Perancis, meluncurkan serangan rudal di Suriah pada Sabtu. Serangan itu diklaim sebagai tanggapan terhadap serangan senjata kimia yang dituduhkan kepada militer Suriah. Walau Pemerintah Suriah secara tegas membantah tuduhan itu.

Putin dalam komunikasinya dengan Pemerintah Iran menambahkan serangan mematikan itu telah melanggar hukum internasional, dan tentu akan menghambat proses penyelesaian politik di Negara yang dilanda perang tersebut.

“Tindakan ilegal ini secara serius merusak prospek untuk penyelesaian politik di Suriah. Jika tindakan seperti itu terus berlanjut, maka yang dilakukan adalah melanggar Piagam PBB,” tambah Putin.

Dewan Keamanan PBB pada hari yang sama mengadakan pertemuan darurat atas serangan rudal atas permintaan Rusia tetapi gagal menyetujui resolusi yang mengutuk pemboman tersebut.

TAGS : Putin Donald Trump Amerika Serikat Suriah




TERPOPULER :