Kamis, 09/04/2020 16:58 WIB

Hati-hati! Ini Bahaya Minuman Bersoda

Tapi semua sepakat jika mengkonsumsi minuman bersoda secara rutin tentu akan memberi efek samping yang bisa membahayakan kesehatan,

Ilustrasi minukan bersoda (foto: UPI.com)

Jakarta - Pro dan kontra tentang efek samping meminum minuman bersoda masih menjadi polemik bagi sebagian orang. Pasalnya, banyak informasi yang menyebutkan bahwa minuman bersoda membahayakan kesehatan seseorang. Namun tak jarang juga yang malah menganggap minuman bersoda baik untuk kesehatan, selama dikonsumsi secara teratur.

Tapi beberapa penelitian yang dilakukan pakar kesehatan menyebutkan jika mengkonsumsi minuman bersoda secara rutin tentu akan memberi efek samping yang bisa membahayakan kesehatan, apalagi jika dikonsumsi setiap hari.

Beberapa efek negatif yang bisa disebabkan karena meminum minuman bersoda seperti obesitas (buncit), merusak ginjal, merusak gigi, apat menurunkan kualitas sperma bagi pria,tulang mudah rapuh dan gangguan pada jantung.

Selain beberapa efek buruk tersebut, meminum minuman bersoda juga menyebabkan sebagaimana dalam beberapa enelitian juga telah membuktikan bahwa minuman berkarbonasi (soft drink) atau minuman bersoda juga sangat membahayakan untuk kesehatan ibu hamil.

Dengan kebiasaan yang gemar mengkonsumsi minuman bersoda khususnya untuk ibu hamil, hal ini dapat mengakibatkan janin yang ada di dalam kandungan dapat beresiko cacat. dan yang paling parah bila seorang ibu yang sedang hamil terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda akan menyebabkan bayi yang ada pada perut bisa saja mati atau yang di sebut dengan keguguran.

Tak hanya itu minuman bersoda juga dapat menyebabkan naiknya gula darah dan mengakibatkan timbulnya penyakit diabetes, hal ini sangat mebahayakan untuk kesehatan apalagi untuk ibu yang sedang hamil.

Karena penyakit diabetes ini akan merusak janin atau kandungan juga dapat merusak dan mengurangi kadar gizi dan manfaat air susu ibu. Oleh sebab itu, wanita hamil sebaiknya tak mengkonsumsi minuman bersoda selama proses kehamilannya.

Minuman yang mengandung soda pada umumnya memang tidak langsung menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan, akan tetapi dampaknya akan terasa dalam jangka waktu yang cukup lama, karena minuman bersoda merusak organ tubuh manusia secara pelan dan perlahan.

Karena itulah lebih baik bila minuman sejenis ini jangan di jadikan minuman utama Anda bila Anda sedang merasa letih dan lelah di cuaca yang panas, apalagi bila selau di konsumsi setiap hari.

TAGS : Penelitian Minuman Bersoda Kesehatan Tips




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :