Senin, 25/01/2021 23:40 WIB

Meja Makan Barack Obama di Restoran Hanoi Diawetkan

Restoran Bun Cha Huong Lien, sejak dijuluki

Meja makan Obama di sebuah restoran di Hanoi diawetkan (Foto: AFP)

Hanoi - Meja tempat makan mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama menyantap semangkuk mie di pusat kota Hanoi telah diawetkan di dalam kotak kaca.  Trik itu digunakan untuk menarik banyak pengunjung ke restoran tersebu.

Restoran Bun Cha Huong Lien, sejak dijuluki "bun cha Obama," sangat terkenal sejak tahun 2016 saat pemimpin AS saat itu beristirahat dari tugas resmi pada kunjungan Hanoi untuk menikmati semangkuk mie babi senilai USD3 atau sekitar Rp41 ribu dengan lumpia goreng.

Banyak pengunjung yang secara sengaja menjungjungi restoran itu untuk mengabadikan tempat bersejarah itu. Karane para turis  gemar memotret  dan swafoto dengan meja terbungkus, diatur dengan mangkuk bersih, piring, sumpit, dan stoples bumbu.

"Saya sangat senang duduk di dekat meja di mana Presiden Obama pernah duduk karena saya sangat mencintai Obama," pekerja kantor Tran Dinh Ha mengatakan kepada AFP selama jam sibuk makan siang.

Foto-foto Obama dan branding dari Bourdain saat makan malam ditayangkan untuk serial CNN koki "Parts Unknown" dengan cepat menjadi viral, dan sekarang dijadikan plaster di dinding sambungan sederhana di Old Quarter Hanoi.

Bisnis mie babi kian melejit usai makan malam kepresidenan. Selain itu, meja itu juga mendapat tawaran fantastis, tetapi ia menolak menjual meja tersebut. Ia ingin mengawetkan untuk makan malam anak cucunya.

"Saya pikir itu tepat untuk selalu mengingat Obama," kata pemilik Nguyen Thi Lien kepada AFP.

Lien tidak akan mengatakan apakah hidangan daftar menu adalah yang dipesan oleh Bourdain dan Obama, yang ia digambarkan sebagai "sederhana dan ramah."

Kotak transparan adalah bentuk pelestarian, dan penghormatan, akrab bagi Hanoians, pemimpin revolusioner Vietnam yang banyak dipuji Ho Chi Minh dibalsem dan terbungkus kaca di makamnya di Hanoi tengah.

Namun, tidak semua pelanggan Lien menyambut aksi dengan tangan terbuka.

"Saya tidak yakin bagaimana perasaan saya tentang ini," kata Bourdain di Instagram di bawah foto meja di mana dia tampaknya pernah duduk.

TAGS : Amerika Serikat Barack Obama Hanoi Mie




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :