Rabu, 12/12/2018 23:35 WIB

Trump Larang Modifikasi "Bump Stock" pada Senjata

Aksesori senjata yang kontroversial ini mengubah senapan semi-otomatis menjadi bedil penembak berkecepatan tinggi.

Presiden Amerika, Donald Trump (Foto: AFP / Saul Loeb)

Washingotn - Presiden Ameirka Serikat,  Donald Trump memerintahkan Jaksa Agung Jeff Sessions untuk membuat rancangan undang-undang yang melarang penggunaan modifikasi "bump stock" pada senjata. Ia meminta agar regulasi tersebut segera diselesaikan.

Bump stock sendiri adalah aksesori yang mampu mengubah senapan semi otomatis menjadi senjata yang mampu menembak ratusan putaran per menit layaknya senapan mesin.

Larangan itu menyusul kejadian di Las Vegas, Nevada, pada Oktober 2017. Sekiatar 60 orang nyaris tewas serta melukai lebih dari 850 lainnya.

Saat ini, bump stock merupakan aksesoris yang dilegalkan di Amerika Serikat. Penggunaan alat ini mengubah senjata semi-otomatis menjadi nyaris-otomatis, sementara penggunaan senjata otomatis jauh-jauh sebelumnya sudah dilarang.

Seperti namanya, alat ini menambahkan sistem mekanis baru ke dalam senapan. Alat tersebut diletakkan di bahu pengguna, yang membuat deretan peluru langsung maju setiap kali tembakan dilepaskan. Pengguna hanya perlu menahan jarinya di pelatuk, dan alat itu akan secara otomatis mengeluarkan peluru dengan kecepatan seperti senapan mesin.

Trump berkata, proses menentukan apakah modifikasi ini ilegal di bawah hukum Amerika Serikat sudah dimulai sejak Desember.

"Beberapa waktu lalu, saya menandatangani memo yang ditujukan kepada jaksa agung untuk membuat regulasi yang melarang semua alat yang bisa mengubah senjata legal menjadi senapan mesin," kata Trump.

"Kita bisa berbuat lebih untuk melindungi anak-anak kita," sambungnya.

Arahan dari Trump ini muncul kurang dari seminggu setelah 17 orang tewas dalam penembakan di sekolah menengah di Florida, yang dilakukan oleh pelaku tunggal menggunakan senapan semi-otomatis.

Tak seperti di Las Vegas, belum diketahui apakah penembak Florida berusia 19 tahun tersebut menggunakan bump stock untuk menjalankan tindakan brutalnya tau tidak. (aa)

TAGS : Amerika Serikat Donald Trump Bump Stock




TERPOPULER :