Jum'at, 16/11/2018 22:38 WIB

Semakin Beringas, Demonstran Iran Serang Kantor Polisi

Massa Aksi Demonstrasi Iran

Dubai - Demonstran Iran menyerang kantor polisi pada larut malam, Senin (1/1).  Kantor berita dan laporan media sosial mengatakan, pasukan keamanan berjuang untuk menghadapi aksi unjuk rasa paling berani bagi sejak kerusuhan tahun 2009.

Video di media sosial menunjukkan bentrokan yang kuat di kota pusat Qahderijan antara pasukan keamanan dan pemrotes yang mencoba menduduki sebuah kantor polisi, dimana sebagian bangunannya terbakar. Belum ada laporan yang bisa dikonfirmasi tentang korban di antara para demonstran.

Seperti dikutip dari reuters,Selasa (2/1) di kota barat Kermanshah, demontran membakar tiang polisi lalu lintas. Namun tidak ada yang terluka dalam insiden tersebut, demikian kata kantor berita Mehr.

Demonstrasi berlanjut pada hari kelima. Sekitar 13 orang dilaporkan tewas pada hari Minggu dalam gelombang kerusuhan terburuk sejak aksi massa pada tahun 2009 untuk mengutuk pemilihan kembali presiden Mahmoud Ahmadinejad.

Protes tersebut telah memberi tekanan pada pemimpin yang berkuasa sejak Revolusi Islam 1979. Presiden Hassan Rouhani membuat pernyataan di televisi untuk menenangkan massa pada Minggu. Dia mengatakan bahwa rakyat Iran memiliki hak untuk mengkritik namun tidak boleh menyebabkan kerusuhan.

Menurut laporan televisi pemerintah setempat, di pusat kota Najafabad, seorang demonstran melepaskan tembakan ke arah polisi dengan membawa senapan berburu, menewaskan satu orang dan melukai tiga lainnya.

Sebelumnya, TV pemerintah mengatakan bahwa demonstran bersenjata pada hari Minggu telah mencoba untuk merebut pangkalan militer dan polisi namun dihentikan oleh perlawanan keras dari pasukan keamanan.

TAGS : Iran Demonstran Kantor Polisi




TERPOPULER :