Selasa, 20/11/2018 12:26 WIB

Presiden Rouhani Sebut Liga Arab Usang

Presiden Iran Hassan Rouhani  dengan keras mengkritik kelalaian Liga Arab dalam menghadapi tindakan biadab  Islamic State Iraq and Syria (ISIS) di Suriah

Presiden Iran, Hassan Rouhani (Foto: Tehran Time)

Tehran - Presiden Iran Hassan Rouhani dengan keras mengkritik kelalaian Liga Arab dalam menghadapi tindakan biadab Islamic State Iraq and Syria (ISIS) di Suriah. Ia menyebut lembaga tersebut "usang" dan "tidak efektif".

"Dimana Liga Arab ketika orang-orang Siria dipancung di Aleppo?" Tanya Rouhani dalam pidatonya di Kongres Nasional House of the Farm ke-5 di Teheran, dilansir Tehran Time, Selasa (21/11)

Pernyataan itu dua hari setelah Liga Arab mengadakan pertemuan darurat di Kairo atas permintaan Arab Saudi untuk membahas serangan rudal ke Bandara Internasional Raja Khalid di Riyadh pada 4 November oleh pasukan Yaman yang diklaim Arab Saudi dipersenjatai oleh Iran.

Setelah pertemuan tersebut, Liga Arab membuat keputusan bahwa Iran mempersenjatai milisi Houthi di Yaman. Pemerintah Iran berulangkali menolak tuduhan bahwa mereka memberikan rudal ke Yaman.

Kepala Pengawal Revolusi Iran (IRGC) baru-baru ini mengatakan, Iran tidak memiliki akses untuk menyediakan senjata ke Yaman karena negara tersebut dikepung pasukan Arab Saudi.

Rouhani mengatakan sangat disesalkan  sejumlah orang yang menyebut diri mereka "orang Arab dan Muslim" hanya karean prihatin atas peluncuran rudal yang merupakan tanggapan dari Yaman.  

Sebelumnya, Rouhani juga mengucapkan selamat kepada Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Ali Khamenei, Angkatan Bersenjata termasuk Korps Pengawal Revolusi Islam, pemimpin Quds Force Qassem Soleimani atas kekalahan total Daesh di Irak dan Suriah.

Pasukan bersenjata di Irak dan Suriah, yang didukung oleh kelompok-kelompok populer dan penasihat militer Iran, berhasil mengusir militan ISIS dari markas terakhir mereka di kedua negara, mengumumkan kemenangan penuh atas kelompok teror yang terkenal itu.

TAGS : Iran Arab Saudi Suriah Liga Arab




TERPOPULER :