Kamis, 25/04/2024 19:34 WIB

Indonesia Jadi Pengguna Instagram Terbesar di Asia Pasifik

Indonesia menjadi pasar terbesar Instagram di Asia Pasifik dengan total 45 juta pengguna menggunakan aplikasi berbagi foto tersebut

Ilustrasi

Jakarta - Indonesia menjadi pasar terbesar Instagram di Asia Pasifik, dengan total 45 juta pengguna menggunakan aplikasi berbagi foto tersebut. Penduduk Indonesia berjumlah 3,4 persen dari populasi dunia, dan negara terbesar di Asia Tenggara ini menyumbang enam persen dari 700 juta pengguna Instagram di seluruh dunia.

Dilansir dari Asiancorrespondent, pengguna Instagram di negara berpenduduk 250 juta ini telah meningkat lebih dari 100 persen semenjak 2016 lalu. Penduduk Indonesia juga menggunakan fitur story dua kali lebih banyak dari rata-rata pengguna Instagram lainnya.

"Berbagi momen dalah hal penting dan menjadi budaya bagi orang-orang Indoensia, jadi tidak heran jika Indonesia menjadi salah satu produsen konten story Instagram terbesar," ujar direktur Facebook Indonesia, Sri Widowati.

Direktur pemasaran produk Instagram, Susan Rose mengatakan, "Indonesia adalah bagian penting dan berkembang dari komunitas Instagram, dan kekuatan yang kita lihat di negara ini, diterjemahkan menjadi kekuatan secara keseluruhan di platform Instagram secara global."

Tidak hanya Instagram, Indonesia juga menjadi pasar terbesar kelima di dunia, untuk penggunaan Twitter. Statistik ini sangat menarik, mengingat sebagian besar penduduk Indonesia tidak memiliki akses internet, dan lebih sedikit lagi yang memiliki media sosial.

Data dari We Are Social menunjukkan bahwa negara berpenduduk 250 juta ini memiliki penetrasi media sosial yang tidak terlalu tinggi hanya 40 persen, jika dibandingkan negara tetangga Singapura (77%), Brunei (86%), dan Malaysia (71%).

Menurut studi oleh Burson-Marsteller yang dirilis bulan April lalu, menunjukkan bahwa Presiden Indonesia Joko Widodo berada di posisi ke lima sebagai pemimpin dunia yang paling banyak diikuti di Instagram.

Dalam satu tahun ini, follower akun Jokowi mengalami pertumbuhan dari 2,4 juta menjadi 5 juta, namun jumlah ini masih kalah jika dibandingkan dengan jumlah pengikut artis Indonesia seperti Ayu Ting Ting yang memiliki sampai 21,2 juta follower (hampir setengah pengguna Instagram di Indonesia).

KEYWORD :

Instagram Twitter Media Sosial




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :