Jum'at, 26/04/2024 17:32 WIB

INTERNASIONAL

Iran Resmikan Rel Kereta Jalur Teheran-Hamedan

Sebuah rel kereta sepanjang 267 kilometer yang menghubungkan ibu kota Teheran dan ibukota provinsi pusat Hamedan diresmikan pada Senin (8/9) di hadapan Presiden Hassan Rouhani .

Menteri Jalan dan Pembangunan Perkotaan Abbas Akhoundi

Jakarta - Sebuah rel kereta sepanjang 267 kilometer yang menghubungkan ibu kota Teheran dan ibukota provinsi pusat Hamedan diresmikan pada Senin (8/9) di hadapan Presiden Hassan Rouhani dan Menteri Jalan dan Pembangunan Perkotaan Abbas Akhoundi.

Proyek itu menghabiskan sekitar 9,7 triliun dolar ($ 260 juta) yang dikucurkan pada 2001 dengan tujuan menghubungkan Hamedan ke jaringan kereta api nasional Iran, menurut laporan Kementerian Jalan Raya dan Perkotaan, dilansir Financial Tribune

"Kereta api ini diharapkan bisa menyelamatkan jutaan negara dengan mengurangi kecelakaan lalu lintas dan polusi udara," kata Kementerian Jalan Raya dan Perkotaan, Abbas Akhoundi

Deputi Menteri Jalan dan Pembangunan Kota, Kheirollah Khademi, sebelumnya mengatakan Iran akan meresmikan 838 kilometer rel kereta api baru, termasuk rute Tehran-Hamedan, pada akhir tahun pada (20/3) tahun depan.

"Empat ibu kota provinsi lainnya akan bergabung dengan jaringan kereta api nasional dalam urutan yang diprioritaskan pada akhir tahun," katanya, merujuk pada Qazvin-Rasht. Proyek yang disebut yaitu Gharb (Barat) yang menghubungkan kota Arak di provinsi Markazi pusat sampai Khosravi Perbatasan di Propinsi Kermanshah bagian barat yang berbatasan dengan Irak, serta proyek kereta api Mahabad-Urmia dan Mianeh-Bostanabad.

KEYWORD :

Iran Kereta Api Rouhani




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :