Senin, 19/11/2018 12:03 WIB

Tips

Kenali Masalah Pada Bagian Roda Mobil

Ban dan velg merupakan salah satu bagian terpenting dari komponen roda kendaraan. Tanpa keduanya mustahil suatu kendaraan bisa melaju di jalanan. Lalu bagaimana cara mengenali masalah pada bagian ini?

Perawatan Bagian Roda / Yogi

Bekasi – Ban dan velg merupakan salah satu bagian terpenting dari komponen roda kendaraan. Tanpa keduanya mustahil suatu kendaraan bisa melaju di jalanan.

Selain memberikan kenyamanan serta mempermudah pergerakan kendaraan, ban dan velg juga memiliki beberapa fungsi, di antaranya mengurangi getaran atas ketidakteraturan permukaan jalan, membuat stabil laju kendaraan, dan melindungi bagian roda dari kerusakan.

Bayu salah satu mekanik bengkel mobil di bilangan Pekayon, Bekasi, menjelaskan, putaran roda dan kondisi tekanan ban pada mobil harus diperhatikan dan selalu diperiksa berkala.

Pasalnya, jika hal ini diabaikan akan mempengaruhi laju kendaraan yang erat hubungannya dengan nyawa. Lalu bagaimana cara mengenali masalah pada bagian roda mobil?

- Pertama: angkat bodi mobil depan dan belakang secara bergiliran dengan dongkrak hingga roda menggantung.

- Kedua: putarlah roda searah jarum jam, pastikan selama memutar, roda stabil dan tidak bergetar serta mengeluarkan suara atau bunyi yang tidak wajar.

- Ketiga: langkah selanjutnya coba gerakan ban ke kiri dan ke kanan, pastikan roda tidak ‘oblak’.

- Keempat: Cek kelengkapan komponen ban dan velg, seperti mur-mur pengikat roda.

Bila menunjukkan salah satu gejala seperti yang disebutkan di atas, maka dipastikan bagian roda pada mobil tersebut mengalami masalah, seperti kampas rem aus, laher, ball joint, dan tei rod. Selamat mencoba!. [yog]

 

 

TAGS : Perawatan Mobil Roda Mobil Spooring Balancing




TERPOPULER :