Selasa, 20/11/2018 22:34 WIB

Kesehatan

Olahraga Lari Ternyata Bikin Otak "Kinclong"

Olahraga murah meriah ini ternyata dapat menciptakan konektivitas di antara bagian-bagian vital di otak.

Ilustrasi berlari (foto: Google)

Jakarta - Sebuah penelitian menemukan manfaat yang luar biasa dari aktivitas berlari. Olahraga murah meriah ini ternyata dapat menciptakan konektivitas di antara bagian-bagian vital di otak. Dan hebatnya, keuntungan ini tidak ditemukan pada olahraga lain.

Konektivitas yang kuat pada otak merupakan aspek penting dalam membuat sebuah keputusan, rencana ke depan, hingga melakukan kontrol diri atas segala sesuatu.

“Selama 15 tahun, penelitian telah menunjukkan bahwa aktivitas fisik dan olahraga memiliki dampak menguntungkan bagi otak. Dampak ini semakin terlihat saat orang sudah bertambah usia,” ujar Dr David Raichlen dari PsyBlog.

Para peneliti juga menguji aktivitas otak manusia pada usia 18 hingga 25 tahun saat mereka beristirahat. Hasilnya, aktivitas-aktivitas yang membutuhkan kontrol motorik halus, seperti bermain alat musik, terbukti dapat mengubah fungsi otak. Hal sama yang ditemukan setelah tubuh melakukan lari atau bersepeda.

“Kegiatan ini melibatkan banyak fungsi kognitif yang kompleks, yang memiliki efek baik pada otak,” tambah Dr Raichlen dalam jurnal Frontiers in Human Neuroscience.

TAGS : Gaya Hidup Lari Olahraga Tips Kesehatan




TERPOPULER :