Senin, 29/04/2024 16:05 WIB

Kang Emil: Banjir Tidak Hanya di Bandung

Penyebab banjir lantaran curah hujan yang sedang tinggi dan kondisi geografi Bandung

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (newsth.com)

Jakarta - Sejumlah titik di Kota Bandung dalam beberapa waktu belakangan ini dilanda banjir. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyebut banjir tidak hanya terjadi diwilayahnya.

"Yang banjir tidak hanya Bandung. Ada Sukabumi sedang ada di Garut, Subang," ungkap Ridwan Kamil di gedung KPK, Jakarta, Selasa (15/11).

Menurut lelaki yang akrab disapa kang Emil ini, banyak faktor yang menyebabkan banjir di wilayahnya. Diantaranya lantaran curah hujan yang sedang tinggi dan kondisi geografi Bandung.

"Banjir ini sedang ada musim ekstrim. Bandung itu cekungan berada di tengah sumber airnya bukan ada di Bandung tapi ada di wilayah kabupaten di atasnya," ucap Kang Emil.

Dijelaskan kang Emil, setidaknya ada delapan dimensi untuk menengok masalah banjir di Bandung. Meski tak membeberkan secara detail delapan dimensi itu, namun beberapa di antaranya ditengarai terkait tata ruang dan sampah.

"Jadi kesimpulannya, jangan dikit-dikit oh ini gorong-gorong enggak sesederhana," ujar dia.

Kang Emil klaim sudah berupaya agar masalah ini ditangani dengan baik. Salah satunya berkoordinasi dengan pemerintahan daerah di sekitar.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat sendiri, kata kang Emil, juga sudah membuat lembaga koordinasi untuk sarana komunikasi dengan lima kabupaten di sekitar Bandung. Selain itu, ujar kang Emil, pada tahun pertama kepemimpinannya, sudah dilakukan upaya memperbanyak gorong-gorong.

Kang Emil pun tak perduli jika ada pihak yang "mencibir" upaya pihaknya dalam mengatasi masalah banjir. "Kita kerja terus di-bully atau dipuji kita enggak peduli karena memang kita kerja terus dengan keterbatasan anggaran mencicil perbaikan sistem itu," tandas kang Emil.

KEYWORD :

Banjir Bandung Ridwan Kamil Kang Emil




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :