Senin, 29/04/2024 15:09 WIB

Wartawan Sawahlunto Studi Gerakan Subuh Jamaah di Yogya

Kelompok itu agar masing-masing wartawan bisa lebih memahami tentang gerakan subuh berjamaah yang saat ini juga tengah digalakkan di Kota Sawahlunto.

Gerakan Subuh Jamaah (foto: Dakwatuna)

Sawahlunto -  Rombongan wartawan berbagai media massa cetak dan elektronik yang bertugas di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta, 13-16 November 2016.

"Kegiatan ini berbentuk studi komparatif dengan menitikberatkan kepada pelaksanaan program Gerakan Subuh Berjamaah serta pengembangan potensi wisata kesejarahan di Yogyakarta yang merupakan salah satu pusat wisata heritage di Indonesia," kata Kepala Sub Bagian Hubungan Publik Sekretariat Daerah Kota Sawahlunto Fadilla Jusman di Yogyakarta, Senin.

Dia menjelaskan kunjungan hari pertama diawali dengan mengikuti salat subuh berjamaah di masjid bersejarah kota itu, Masjid Agung Kota Gede Mataram, serta beberapa masjid lainnya oleh rombongan yang dibagi menjadi beberapa kelompok.

Kelompok itu agar masing-masing wartawan bisa lebih memahami tentang gerakan subuh berjamaah yang saat ini juga tengah digalakkan di Kota Sawahlunto. "Hal itu sangat dibutuhkan dalam membangun arah pemberitaan terkait program tersebut sehingga mampu memberikan nilai edukasi dalam membentuk karakter masyarakat Sawahlunto yang religius," katanya dilansir Antara.

Pengurus Masjid Agung Kota Gede Mataram, Yogyakarta, Wahrisman mengatakan shalat secara berjamaah sudah menjadi kebiasaan masyarakat setempat, sejak masa pemerintahan Raja Mataram, Panembahan Senopati. Khusus pelaksanaan shalat subuh berjamaah, pihaknya terus menggelorakan melalui program "Seratusan Jamaah" serta melaksanakan pengajian-pengajian Al Quran dan Hadist pada beberapa hari tertentu dalam seminggu.

Salah seorang peserta studi komparatif yang meliput langsung kegiatan shalat subuh berjamaah di Masjid Agung Kota Gede Mataram, Eraflah, mengatakan salah satu kunci keberhasilan program shalat subuh berjamaah di kota itu didorong oleh kepatuhan masyarakat Yogyakarta kepada pemimpinnya.

KEYWORD :

Sholat Subuh Jamaah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :