Sabtu, 18/05/2024 06:45 WIB

Bezos Tawarkan Diskon US$2 Miliar kepada NASA untuk Kontrak Proyek Pendarat Bulan

Dalam suratnya kepada Administrator NASA Bill Nelson, Bezos mengatakan tawaran itu akan menjembatani kekurangan dana yang menyebabkan badan antariksa itu memilih hanya satu kontraktor, bukan dua yang kemudian akan bersaing satu sama lain.

Jeff Bezos – Pendiri Amazon, Salah Satu Miliader yang Mengalami Keuntungan di Masa Pandemi

Washington, Jurnas.com - Pemilik Blue Origin, Jeff Bezos menawarkan diskon $2 miliar  kepada NASA agar memungkinkan perusahaannya membangun pendarat di bulan.

Kontrak sistem pendaratan manusia (HLS), senilai US$2,9 miliar, diberikan kepada saingannya SpaceX pada April, tetapi Blue Origin dan perusahaan ketiga Dynetics mengajukan protes yang saat ini sedang menunggu keputusan dari Kantor Akuntabilitas Pemerintah Amerika Serikat (AS).

AS berusaha untuk kembali ke bulan pada tahun 2024 di bawah program Artemis, menggunakan pelajaran yang dipetik untuk mempersiapkan misi Mars berawak di tahun 2030-an.

Dalam suratnya kepada Administrator NASA Bill Nelson, Bezos mengatakan tawaran itu akan menjembatani kekurangan dana yang menyebabkan badan antariksa itu memilih hanya satu kontraktor, bukan dua yang kemudian akan bersaing satu sama lain.

"Penawaran ini bukan penangguhan, tetapi merupakan pengabaian permanen langsung,"  kata Bezos dalam suratnya, dikutip dari Channel News Asia, Selasa (27/7).

Sejak kehilangan penghargaan, Blue Origin telah dengan panik melobi agar keputusannya dibatalkan, membuat Senat meloloskan RUU yang setuju untuk menambahkan US$10 miliar ke sistem pendarat manusia.

Namun undang-undang tersebut masih diperdebatkan di DPR, dan telah dicap sebagai "Bailout Bezos" oleh para kritikus.

Bezos menulis bahwa keuntungan dari pendarat Blue Moon Blue Origin adalah penggunaan hidrogen cair untuk bahan bakar, yang dapat ditambang dari es bulan sejalan dengan rencana NASA untuk menggunakan bulan untuk mengisi bahan bakar roket untuk operasi lebih dalam ke tata surya.

Dia menambahkan bahwa perusahaan akan menguji pendaratnya di orbit di sekitar Bumi dengan biaya sendiri.

"Kami siap membantu NASA memoderasi risiko teknisnya dan menyelesaikan kendala anggarannya dan mengembalikan Program Artemis ke jalur yang lebih kompetitif, kredibel, dan berkelanjutan," tutup Bezos.

Tidak jelas apakah intervensi menit terakhir Bezos akan mempengaruhi hasil penghargaan. (AFP)

KEYWORD :

Blue Origin Jeff Bezos NASA Pendaratan Bulan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :