Minggu, 28/04/2024 14:55 WIB

Kendaraan Niaga

Scania Pasok Ratusan Bus Baru Transjakarta

PT United Tractor (UT), selaku distributor bus merek Scania di Indonesia mengumumkan bakal terus menambah suplai unit kendaraannya untuk bus Transjakarta.

Bus Scania Tranjakarta / ist

Bogor - PT United Tractor (UT), selaku distributor bus merek Scania di Indonesia mengumumkan bakal terus menambah suplai unit kendaraannya untuk bus Transjakarta.

Sara K. Loebis, Corporate Secretary PT United Tractors Tbk menyatakan pihaknya sudah menerima pesanan dari beberapa vendor yang nantinya akan menyuplai bus Transjakarta.

"Hingga saat ini sudah ada pesanan sekitar 100 unit dari Mayasari untuk kebutuhan Transjakarta. Sementara dari PT Transjakarta sendiri sudah melakukan pemesanan ke kita sekitar 150 unit," papar Sara dalam Workshop Wartawan Industri dan Otomotif di Ciawi, Bogor, Jumat (11/11).

Sampai sekarang kata Sara, pemesanan itu terdapat perbedaan, misalnya untuk Mayasari pemesanannya articulated atau bus gandeng dan untuk PT Transjakarta melakukan pemesanan untuk bus tipe low entry.

Pada tahun 2016 sebanyak 51 bus Scania telah digunakan Mayasari untuk kebutuhan bus Transjakarta. Bus yang dipesan ini memiliki kapasitas 140 penumpang dan dilengkapi 39 kursi.

Lebih lanjut Sara menjelaskan bahwa bus Scania ini juga dilengkapi teknologi canggih yang telah memenuhi standar keamanan dan kenyamanan, seperti adanya empat kamera CCTV di luar maupun dalam.

Bus Scania dilaporkan juga mempunyai kendali elektronik yang bisa mengendalikan ketinggian bus dengan suspensi udara. Untuk mesin yang digunakan bus Scania memiliki standar Euro 4 yang diklaim lebih hemat bahan bakar hingga 1,5 km per-liter.

“Diharapkan pada semester satu tahun 2017 nanti kami sudah bisa memenuhi pesanan bus Scania tersebut,” papar Sara.

Dengan adanya pesanan tersebut, penjualan bus merek Scania dari PT United Tractors diprediksi akan meningkat hingga 250 unit hingga akhir tahun 2016.

Soal harga, bila dilihat dari situs e-Katalog LKPP (sistem informasi elektronik yang memuat daftar, jenis, spesifikasi teknis dan harga barang tertentu dari berbagai penyedia barang/jasa Pemerintah), bus Scania model articulated dijual Rp 2,8 miliar, sedangkan untuk low entry Transjakarta dijual Rp 2,5 miliar. [yog]

KEYWORD :

Scania Bus Scania United Tractor Transjakarta




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :