Rabu, 16/06/2021 04:30 WIB

Kamu Perlu Tahu 10 Fakta Menarik Seputar Euro 2020

Jerman dan Spanyol menjadi negara pemegang rekor titel terbanyak di Kejuaraan Eropa. Kedua timnas tersebut sama-sama pernah tiga kali juara. Sementara Prancis menyusul di belakangnya dengan torehan dua kali juara.

Euro 2020 (Foto: AFP)

Jakarta, Jurnas.com - Satu bulan ke depan, pecinta sepak bola akan dimanjakan oleh kompetisi bergengsi di Benua Biru, Euro 2020. Sebanyak 24 negara akan bertarung dalam kejuaraan tersebut, yang dimulai pada Sabtu (11/6) dini hari ini.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini 10 fakta menarik seputar Euro 2020:

1. Digelar di 12 Negara

Ada yang berbeda dari penyelenggaraan Kejuaraan Eropa tahun ini. Alih-alih dipusatkan di satu negara sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini Kejuaraan Eropa dilaksanakan di 12 kota dan 12 negara, guna menekan penularan Covid-19.

Setidaknya akan ada 51 pertandingan selama 31 hari kompetisi, yang dimulai pada 11 Juni 2021 hingga 11 Juli 2021.

Fase pembukaan akan menampilkan enam grup yang terdiri dari empat tim, dengan dua tim teratas di masing-masing grup akan melaju ke babak sistem gugur.

Empat peringkat ketiga terbaik juga akan lolos ke babak 16 besar, dengan semua babak di memainkan satu kali pertandingan.

2. Penggunaan VAR

Video Asisten Wasit (VAR) bukan sesuatu yang aneh bagi penikmat sepak bola. Regulasi ini sudah digunakan di berbagai liga domestik, Liga Europa, dan Liga Champions.

Meski kerap menimbulkan kontroversi, suka atau tidak, VAR untuk pertama kalinya bakal digunakan di Kejuaraan Eropa.

3. Lagu Resmi

`We Are The People` yang menjadi lagu resmi Euro 2020 dibawakan oleh Martin Garrix, yang juga menampilkan Bono dan The Edge dari band rock U2.

4. Berusia 61 Tahun

Kejuaraan Eropa secara resmi digunakan dan digelar pada 1960. Dua tahun sebelumnya, Kejuaraan Eropa bernama Kejuaraan Henri Delaunay, guna menghormati mendiang Sekretaris Jenderal Federasi Sepak Bola Prancis, Henri Delaunay yang mempelopori terbentuknya Kejuaraan Eropa.

Di turnamen perdananya pada 1960, Uni Soviet menjadi jawara setelah menang tipis 2-1 atas Yugoslavia di final.

5. Pemegang Gelar Terbanyak

Jerman dan Spanyol menjadi negara pemegang rekor titel terbanyak di Kejuaraan Eropa. Kedua timnas tersebut sama-sama pernah tiga kali juara. Sementara Prancis menyusul di belakangnya dengan torehan dua kali juara.

6. Pencetak Gol Terbanyak

Cristiano Ronaldo membukukan rekor penampilan terbanyak di Euro dengan jumlah 21 pertandingan. Dia juga masuk dalam daftar top skorer Euro dengan sembilan gol, jumlah yang sama dengan Michel Platini.

7. Anomali Sang Jawara Sebelumnya

Portugal menjadi tim pertama yang meraih gelar di Euro 2016, dengan tidak memenangkan satu pertandingan pun di babak penyisihan grup.

8. Peraih Gelar Beruntun

Spanyol merupakan satu-satunya tim yang sanggup mempertahankan trofi, setelah juara pada Euro 2008 dan Euro 2012. Dan kini, tim asuhan Luis Enrique itu adalah salah satu tim yang paling disukai dalam taruhan Euro 2020.

9. Tim Britania Raya yang Selalu Mentok

Inggris dan Wales adalah dua tim yang tidak pernah maju lebih dari semifinal. Sementara itu, dua tim lainnya dari Britania Raya yaitu Skotlandia dan Irlandia Utara tidak pernah mencapai babak sistem gugur.

10. Dua Pelatih Mantan Jawara Euro

Didier Deschamps (Prancis) dan Ronald Koeman (Belanda) adalah pelatih di Euro 2020 yang pernah memenangkan turnamen tersebut sebagai pemain.

TAGS : Euro 2020 Fakta Menarik Kejuaraan Eropa




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :