Kamis, 09/05/2024 03:10 WIB

Fitur Private Relay Baru Apple Tidak akan Tersedia di China

Logo Apple inc.

California, Jurnas.com - Apple mengatakan, fitur private relay baru yang dirancang untuk mengaburkan perilaku penelusuran web pengguna dari penyedia layanan internet dan pengiklan tidak akan tersedia di China karena alasan peraturan.

Fitur tersebut adalah salah satu dari sejumlah perlindungan privasi yang diumumkan Apple pada konferensi pengembang perangkat lunak tahunan pada hari Senin, yang terbaru dalam upaya selama bertahun-tahun oleh perusahaan untuk mengurangi pelacakan penggunanya oleh pengiklan.

Disadur dari Reuters, Apple mengatakan, fitur juga tidak akan tersedia di Belarus, Kolombia, Mesir, Kazakhstan, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turkmenistan, Uganda, dan Filipina.

Fitur private relay pertama-tama mengirimkan lalu lintas web ke server yang dikelola oleh Apple, di mana ia dilucuti dari sepotong informasi yang disebut alamat IP.

Dari sana, Apple mengirimkan lalu lintas ke server kedua yang dikelola oleh operator pihak ketiga yang memberikan alamat IP sementara kepada pengguna dan mengirimkan lalu lintas ke situs web tujuan.

Penggunaan pihak luar dalam hop kedua dari sistem relai itu disengaja, kata Apple, untuk mencegah bahkan Apple mengetahui identitas pengguna dan situs web apa yang dikunjungi pengguna.

Apple belum mengungkapkan mitra luar mana yang akan digunakan dalam sistem tetapi mengatakan berencana untuk menyebutkan nama mereka di masa depan. Fitur tersebut kemungkinan tidak akan tersedia untuk umum hingga akhir tahun ini.

Alamat IP dapat digunakan untuk melacak pengguna dalam berbagai cara, termasuk sebagai bahan utama dalam "sidik jari", sebuah praktik di mana pengiklan merangkai data yang berbeda untuk menyimpulkan identitas pengguna. Baik Apple dan Google Alphabet melarang ini.

Dikombinasikan dengan langkah-langkah Apple sebelumnya, fitur private gelay akan secara efektif membuat alamat IP tidak berguna sebagai mekanisme sidik jari", Charles Farina, kepala inovasi di perusahaan pemasaran digital Adswerve, mengatakan kepada Reuters.

Itu juga akan mencegah pengiklan menggunakan alamat IP untuk menunjukkan lokasi seseorang, katanya. (Reuters)

KEYWORD :

Apple Fitur Private Relay China




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :