Rabu, 16/06/2021 06:38 WIB

7 Tradisi Lebaran yang Bikin Kangen Kampung Halaman

Takbir keliling menjadi momen yang ditunggu-tunggu setiap malam labaran. Senandung takbir pada malam lebaran terdengar di seluruh pelosok negeri, untuk merayakan hari kemenangan pasca satu bulan berpuasa.

Takbir keliling (Foto: Antara)

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah telah menetapkan Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1442 H jatuh pada Kamis (13/5). Seperti tahun lalu, tahun ini lebaran diperingati di tengah pandemi Covid-19.

Atas alasan itu pula, pemerintah melarang masyarakat mudik ke kampung halaman dalam rangka menekan penyebaran Covid-19.

Tapi jangan khawatir, untuk mengobati rindu kampung halaman, berikut ini tujuh tradisi lebaran yang bikin kamu kangen tanah kelahiran, yang dilansir dari theasianparent.com.

1. Mudik

Dua minggu jelang lebaran, hingar-bingar mudik sudah menghiasi media massa. Biasanya, stasiun, terminal, bandara, dan pelabuhan sudah dipenuhi oleh pemudik untuk merayakan lebaran di kampung halaman.

Padatnya jalan raya oleh pemudik, hingga munculnya beraneka khas makanan lokal di pinggir jalan menjadi momen paling tak terlupakan saat melakukan mudik.

2. Salam tempel

Ayo, ada yang suka minta salam tempel di hari lebaran? Ya, salam tempel atau THR sudah menjadi bagian dari tradisi hari raya. THR biasanya diberikan kepada anak-anak oleh orang dewasa, atau perusahaan kepada karyawan sebelum lebaran.

3. Halal bil halal

Halal bi halal dilakukan dengan mengunjungi keluarga, sanak saudara, tetangga, dan teman untuk saling bermaaf-maafan. Halal bi halal juga tak dapat dipisahkan dari kue lebaran, yang biasanya disajikan bagi tamu yang berkunjung.

Di tengah pandemi Covid-19, halal bi halal kini tidak terbatas pada pertemuan fisik. Masyarakat bisa memanfaatkan gadget untuk berkomunikasi via video kepada keluarga yang ada di luar kota.

4. Takbir keliling

Takbir keliling menjadi momen yang ditunggu-tunggu setiap malam labaran. Senandung takbir pada malam lebaran terdengar di seluruh pelosok negeri, untuk merayakan hari kemenangan pasca satu bulan berpuasa.

Di kampung, takbir keliling biasanya dilakukan dengan berjalan kaki dengan membawa bedug, obor, kentongan, dan alat-alat dapur yang dapat memeriahkan suasana.

5. Ketupat

Hidangan satu ini tidak boleh dilewatkan. Ketupat menjadi makanan wajib ada di atas meja makan setiap lebaran. Ketupat biasanya disantap dengan opor ayam, kuah sayur bersantan, atau rendang. Pokoknya, kalau tidak ada ketupat, lebarannya kurang afdhol.

6. Baju baru

"Baju baru alhamdulillah, dipakai di hari raya". Demikian sepenggal lirik yang menggambarkan suasana lebaran dengan pakaian baru. Pakaian baru menjadi simbol membuka lembaran baru untuk kehidupan yang lebih baik setelah Ramadan.

7. Ziarah makam

Usai Salat Id di masjid atau lapangan, masyarakat berbondong-bondong ke makam untuk berziarah kepada keluarga atau sanak saudara yang telah meninggal. Biasanya terdapat kelompok-kelompok di masing-masing makam untuk mendoakan almarhum.

TAGS : Tradisi Lebaran Idulfitri 1442 H Takbir Keliling




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :