Kamis, 21/10/2021 18:16 WIB

Waspadai 5 Makanan Lebaran Pemicu Kolesterol

Bukan lebaran namanya kalau tidak ada ketupat. Di Indonesia, sudah lumrah ketupat dipadukan dengan kuah bersantan.

Ketupat sayur

Jakarta, Jurnas.com - Semangat Idulfitri tidak terlepas dari beraneka ragam hidangan makanan yang disajikan untuk menyambut tamu. Meski berada di tengah pandemi Covid-19, percayalah hidangan-hidangan ini tidak akan pernah absen dari meja makan.

Namun jangan khilaf, mengonsumsi terlalu banyak makanan tertentu akan berakibat buruk bagi kesehatan. Dikutip dari Klik Dokter, berikut ini lima hidangan yang memicu peningkatan koleterol. Apa saja?

1. Makanan bersantan

Bukan lebaran namanya kalau tidak ada ketupat. Di Indonesia, sudah lumrah ketupat dipadukan dengan kuah bersantan.

Tapi tahukah kami, bahwa santan mengandung lemak jenuh dan kalori yang mengakibatkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh meningkat?

Dilansir dari American Heart Association, dalam sehari manusia hanya diizinkan mengonsumsi lemak jenuh sebanyak 16 gram. Adapun dalam satu cangkir santan, terkandung 2,5 kali kadar lemak jenuh yang seharusnya dikonsumsi.

2. Ayam

Tidak hanya kuah bersantan, ayam yang umumnya dihidangkan dalam bentuk opor sebagai teman ketupat juga berisiko. Pasalnya, bagian paha dan kulit ayam memiliki kandungan lemak tinggi dan kolesterol.

3. Hati sapi

Sambal goreng hati sapi adalah makanan yang tidak boleh dilewatkan dalam perayaan lebaran. Sayangnya, hidangan satu ini mengandung kolesterol tinggi, dan dapat memicu kenaikan kadar kolesterol dalam tubuh. Jangan khilaf ya.

4. Daging berlemak

Semur atau rendang daging sapi menjadi sajian selanjutnya yang tidak pernah absen dari meja makan saat lebaran. Makanan ini juga meningkatkan kadar kolesterol jahar di dalam tubuh.

Disarankan, agar daging dipisahkan dari lemaknya saat hendak disajikan. Pun jika terlanjur tersaji, harus memperhatikan jumlah yang dikonsumsi.

5. Kue lebaran

Siapa bilang kue lebaran aman dikonsumsi dalam jumlah banyak? Tidak. Beberapa kue lebaran yang dibuat dengan bahan dasar mentega, telur, dan tepung mengandung kadar kolesterol yang tinggi. Jadi, tetap perhatikan asupan kue lebaran yang dikonsumsi ya agar kesehatan terjaga.

TAGS : Hidangan Lebaran Kolesterol Idulfitri 1442 H Tips Kesehatan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :