Kamis, 24/06/2021 15:51 WIB

Bunda, Ini Resep Bikin Ketupat Anti Gagal

Beras dan anyaman selongsong ketupat adalah bahan yang wajib disediakan untuk membuat ketupat. Jika tidak bisa membuat sendiri, anyaman selongsong dapat bunda pesan di pasar, tukang sayur depan rumah, atau membeli via e-commerce.

Ketupat (Foto: antisantikuman.com)

Jakarta, Jurnas.com - Lebaran belum sah kalau belum ada ketupat. Terdengar agak sedikit berlebihan, tapi memang begitu kenyataannya bagi masyarakat Indonesia.

Di tengah pandemi Covid-19, banyak orang ragu untuk berbelanja keluar membeli ketupat karena khawatir dengan kerumunan. Tapi jangan khawatir, di bawah ini beberapa tips membuat ketupat di rumah anti gagal dikutip dari Popmama.com.

1. Siapkan anyaman selongong ketupat dan beras

Beras dan anyaman selongsong ketupat adalah bahan yang wajib disediakan untuk membuat ketupat. Jika tidak bisa membuat sendiri, anyaman selongsong dapat bunda pesan di pasar, tukang sayur depan rumah, atau membeli via e-commerce.

Untuk beras, sebaiknya memilih beras dengan kualitas sedang. Hindari beras terlalu pera, atau terlalu pulen agar ketupat yang bunda hasilkan sempurna.

2. Rendam beras dan anyaman selongsong

Setelah mendapatkan dua bahan wajib di atas, selanjutnya ialah merendam beras dan anyaman selongsong.

Sebelum direndam, beras harus dicuci dengan air bersih. Lalu rendam selama 30 menit. Untuk menambah aroma wangi, bunda dapat menambahkan sedikit daun pandan saat proses perendaman.

Selain beras, anyaman selongsong juga wajib direndam selama satu jam. Hal ini dilakukan agar anyaman selongsong ketupat tidak mudah rusak saat direbus.

3. Masukkan beras ke dalam anyaman selongsong

Usai melewati proses perendaman, kini saatnya memasukkan beras ke dalam anyaman selongsong. Perlu diperhatikan, jangan memenuhi anyaman dengan beras. Sisakan sepertiganya tetap kosong.

4. Masak ketupat

Beres mengisi beras ke anyaman selongsong, bunda bisa mendidihkan kuali untuk proses memasak ketupat. Pastikan, saat memasukkan ketupat ke tengah air mendidih, ketupat terendam sempurna.

Jangan lupa pula, saat memasak tambahkan air berulang-ulang agar volume air di kuali tidak berkurang. Ini juga berguna untuk menjaga suhu tetap seimbang.

Untuk mendapatkan ketupat dengan hasil yang baik, proses memasak biasanya memakan watu sekitar 4-5 jam.

5. Ketupat dianginkan

Memasak bukan tahapan akhir dari proses membuat ketupat. Ketupat yang sudah matang harus digantung atau dianginkan di tempat yang kering. Cara ini bertujuan untuk meniriskan air yang ada di dalam anyaman selongsong.

Dengan cara ini, ketupat mampu bertahan sampai dua hari di suhu ruangan. Sedangkan cara lainnya yakni dengan memasukkan ketupat ke dalam kulkas.

TAGS : Resep Ketupat Lebaran Idulfitri 1442 H




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :