Jum'at, 07/05/2021 12:44 WIB

Kementan Dorong Pemuda Tani Kabupaten Bandung Barat Menjadi Eksportir Sayuran

Di masa pandemi, agribisnis menjadi salah satu solusi usaha yang dapat dilakukan mulai dari tingkat individu sampai industri.

Pemuda Tani Kabupaten Bandung Barat. (Foto: Ist)

Lembang, Jurnas.com - Agribisnis merupakan sebuah usaha bisnis berbasis pertanian yang mendukung pertanian dari hulu ke hilir. Di masa pandemi, agribisnis menjadi salah satu solusi usaha yang dapat dilakukan mulai dari tingkat individu sampai industri.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo mengatakan "Pada masa pandemi, sektor pertanian yang paling menjanjikan dan menguntungkan. Dan kini makin bertambah start up atau wirausaha muda yang sukses di sektor pertanian. Untuk itu sangat perlu kita support dengan menyiapkan program-program yang berorientasi pada pengembangan pengetahuan dan kapasitas masyarakat dalam bidang pertanian," ujar Mentan Syahrul.

sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, juga mendukung hal tersebut. "SDM pertanian menjadi faktor pengungkit peningkatan produktivitas sektor pertanian, karenanya perlu ditingkatkan kapasitasnya,” ungkapnya.

Mewujudkan hal tersebut, Pusat Pelatihan Pertanian (Puslatan) Kementerian Pertanian melalui Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang melaksanakan Pelatihan Agribisnis Pertanian Berbasis Ekspor bagi Pemuda Tani.

pelatihan diikuti oleh 30 orang pemuda tani yang bersal dari Kecamatan Lembang, Cisarua, dan Parongpong. Peserta merupakan calon pengusaha atau yang sudah melakukan usaha tani dengan komoditas sayuran yang berbeda-beda.

Dedih Zaenudin, Koordinator Bidang Penyelenggaraan Pelatihan, menyatakan bahwa elatihan ini merupakan salah satu komitmen BBPP Lembang dalam meningkatkan kompetensi non-aparatur, yakni petani milenial serta memanfaatkan potensi lokal Kabupaten Bandung Barat.

Dilaksanakan selama tiga hari mulai Jumat (17/4) sampai Minggu (19/4) dengan proses pembelajaran selama 24 jam pelajaran, peserta mendapat materi yang berfokus pada pengembangan ekspor usaha tani.

Fasilitator berasal dari Puslatan, Widyaiswara BBPP Lembang, dan pengusaha tani milenial yang berpengalaman menggeluti kegiatan ekspor komoditas sayuran. Pelatihan ini juga merupakan salah satu langkah untuk memberikan pemahaman peserta tentang mekanisme akses Kredit Usaha Rakyat.

TAGS : Pemuda Tani Kabupaten Bandung Barat Eksportir Sayuran




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :