Jum'at, 10/05/2024 02:59 WIB

Jokowi Gratiskan Vaksin, PDIP: Jangan Kendor, Apalagi Teledor

Vaksinasi gratis merupakan tanggungjawab negara demi keselamatan rakyat dari bahaya Covid-19.

Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PDIP, Junimart Girsang

Jakarta, Jurnas.com - Vaksinasi gratis merupakan tanggungjawab negara demi keselamatan rakyat dari bahaya Covid-19.

Demikian diutarakan Politisi PDIP Junimart Girsang kepada wartawan, Kamis (17/12).

"Keputusan presiden tersebut tentunya menjadi kabar baik sekaligus menumbuhkan optimisme bagi kita semua agar segera bangkit dari situasi sulit saat ini," tegasnya.

Anggota Komisi III DPR RI ini menegaskan, vaksin gratis membuktikan komitmen Jokowi untuk selalu di depan dalam mengupayakan kebangkitan dari efek pandemi. 

"Apalagi dampak pandemi Covid-19 semakin memberatkan semua lapisan masyarakat," sambung Junimart.

Pembiayaan vaksinasi Covid-19, menurut dia, tentu sangat besar. Pemerintah telah mengalokasikan anggaran untuk pengadaan vaksin sebesar Rp18 triliun di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021.

Pembiayaan lain adalah untuk program vaksinasi sebesar Rp3,7 triliun, serta untuk pengadaan sarana dan prasarana penunjang sebesar Rp1,3 triliun. Pemerintah, lanjutnya, juga masih memiliki ruang tambahan dana sebesar Rp10 triliun, sehingga total biaya vaksinasi Covid-19 bisa mencapai Rp33 triliun.

"Kami di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sebagai partai pengusung, pendukung pemerintah siap terus mendukung upaya-upaya pemerintah dalam mencari solusi keluar dari pandemi Covid-19," terangnya.

Selama 2020, kata Junimart, melalui dua kali revisi APBN Pemerintah Pusat mengalokasikan belanja untuk Covid-19 mencapai Rp358 triliun serta transfer khusus tambahan belanja untuk penanganan Covid-19 sebesar Rp5 triliun.

Mengingat besarnya anggaran Covid-19 tersebut, Junimart menilai sudah seharusnya, menjadi kewajiban semua elemen bangsa untuk aktif mengawasi dan memonitor penggunaannya.

"Jangan kendor, apalagi teledor," demikian Junimart. 

KEYWORD :

PDIP DPR Junimart Girsang Vaksin Gratis Covid-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :