Rabu, 01/05/2024 09:48 WIB

CSR

Proyek Lingkungan Toyota Eco Youth ke-10 Melebihi Perkiraan

Jumlah proyek lingkungan dari ajang Toyota Eco Youth ke-10 di luar dugaan telah melebihi perkiraan yang diharapkan Toyota Indonesia.

Kunjungan Proyek Toyota Eco Youth ke-10 /TAM

Jakarta – Jumlah proyek lingkungan dari ajang Toyota Eco Youth ke-10 di luar dugaan telah melebihi perkiraan yang diharapkan Toyota Indonesia. Secara keseluruhan total proposal kompetisi tingkat sekolah lanjutan atas atau SLTA 2016 mencapai 2.543 proyek lingkungan dari seluruh Indonesia.

Antusisme jumlah proyek ini naik sekitar 41% dibandingkan dengan TEY ke-9 yang hanya mencapai 1.709 proposal. Sejak pertama kali diselenggarakan pada 2005, sebanyak 5.000 proposal masuk ke panitia dengan melibatkan 1.400 sekolah yang ada di seluruh Indonesia.

“Jumlah proposal yang masuk pada TEY ke-10 telah melebihi perkiraan, yaitu lebih dari 2.500 proposal. Kami berharap semangat peduli terhadap lingkungan yang dituangkan dalam proposal tersebut akan semakin menginspirasi masyarakat dan para pelajar untuk menciptakan kehidupan lingkungan yang lebih baik lagi di masa depan," ucap Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) di Jakarta, baru-baru ini.

Menurut Henry, TEY merupakan salah satu program CSR Toyota Indonesia bagi siswa SMA atau SMK sederajat yang bertujuan untuk menjadikan mereka sebagai agent of change demi memperbaiki kualitas lingkungan dan pengembangan ide-ide pelestarian lingkungan.

Rangkaian TEY ke-10 dimulai sejak bulan Maret 2016 dan kini sudah terpilih 25 finalis terbaik, yang terdiri dari 15 proposal untuk kategori Science dan 10 proposal kategori Social Movement.

Sebanyak 25 proposal proyek yang masuk berasal dari 7 sekolah di Sumatera, 12 sekolah dari Jawa dan Bali, serta masing-masing 2 sekolah dari Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Rangkaian TEY ke-10 dilanjutkan dengan meninjau proyek TEY. Adapun kunjungan pertama kepada tiga finalis dari Jawa Tengah, yaitu dua proyek dari SMAN 2 Semarang, dan 1 proyek dari SMAN 1 Blora.

Dari seluruh sekolah finalis yang ada SMA Negeri 2 Semarang, Jawa Tengah, merupakan satu-satunya sekolah yang berhasil lolos untuk kedua kategori science dan sosial.

Pada kategori Science, SMA Negeri 2 Semarang mengajukan proposal proyek berjudul Fit (Paving Electric) Pembagi Listrik Berbiaya Rendah dan di kategori Social Movement berjudul Eco Package for a Better Future.

Sementara untuk SMAN 1 Blora terpilih sebagai finalis dengan judul proposal Sandal Organik dengan Alas dari Limbah Serpihan Kayu. Pada ajang Toyota Eco Youth ke-9 lalu, SMAN 1 Blora pernah meraih juara 2 untuk katagori Science. [rafa]

 

 

 

KEYWORD :

Toyota Toyota Eco Youth TEY Proyek Lingkungan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :