Jum'at, 03/05/2024 20:59 WIB

Peningkatan Transaksi TaniHub Capai 200 Persen

pertumbuhan year-on-year Gross Merchandise Value (GMV) mencapai lebih dari 200% pada 2019

Acara press conference pencapaian transaksi TaniHub di Jakarta, Rabu (18/12)

Jakarta, Jurnas.com - E-commerce platform B2B (business-to-business) dan B2C (business-to-consumer) untuk hasil tani, TaniHub mencatat, pertumbuhan year-on-year Gross Merchandise Value (GMV) mencapai lebih dari 200% pada 2019. Hal itu pun membuat TaniHub semakin percaya diri untuk menjadi sebuah platform e-commerce terkemuka untuk produk pertanian dan katalisator untuk masa depan pertanian.

Menurut Vincentius Sariyo, Direktur TaniSupply mengatakan, saat ini telah memiliki tiga unit usaha, yaitu TaniHub sebagai platform e-commerce hasil tani, TaniFund untuk pendanaan mitra petani, serta TaniSupply yang fokus kepada pengelolaan rantai pasok. TaniSupply merupakan anggota baru dari keluarga TaniHub Group yang baru diluncurkan pada semester dua tahun ini.

“Dengan adanya entitas tersendiri, kami akan jauh lebih agresif dalam mengembangkan bisnis rantai pasokan pertanian. TaniSupply melakukan proses pembelian dari petani, memproses komoditas di warehouse dari grading sampai quality assurance, dan mendistribusikannya kepada klien maupun pelanggan. Kami ingin berperan penting dalam mengembangkan ekosistem pertanian secara keseluruhan di Indonesia,” kata Vincentius dalam acara press conference di Jakarta, Rabu (18/12).

Dengan capaian tersebut, lanjut Vincentius, TaniHub berharap dapat menjangkau seluruh kota di Indonesia pada tahun 2022 karena potensi pasar yang masih sangat besar. Berdasarkan data yang diperoleh TaniHub, Indonesia memiliki 5.700 produsen di industri pengolahan makanan (food processing industry) dan lebih dari 30.000 outlet modern retailer (supermarket, hypermarket, dan lain-lain).

“Saat ini lebih dari 1.6 juta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan 200.000 outlet hotel, restoran dan catering (horeca) beroperasi di Indonesia. Sementara itu, literasi digital di Indonesia semakin membaik dengan adanya 160 juta lebih pengguna gawai,” lanjutnya.

Senada dengan Vincentius, Ivan Arie Sustiawan, CEO dan Co-Founder TaniHub Group, mengatakan, TaniHub memiliki mimpi bahwa suatu hari, para petani Indonesia dapat menikmati hasil yang adil untuk segala kerja keras mereka di ladang, sementara setiap rumah tangga serta usaha dan industri mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dapat menikmati produk pertanian lokal dengan harga terjangkau.

“Kami selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi semua stakeholders agar semua lapisan masyarakat mencintai hasil panen dari produsen lokal dan peduli pada pertanian Indonesia,” ujarnya.

 

 

KEYWORD :

Platform TaniHub Hasil Tani




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :