Sabtu, 20/04/2024 19:37 WIB

Bersiap! Penerbangan Terjauh di Dunia Uji Coba Hari Ini

Dalam penerbangan panjang ini, para peneliti akan memantau efek pada penumpang dari perjalanan tanpa henti selama 19 jam.

Qantas Airlines (Foto: Skift)

Sydney, Jurnas.com - Sebuah pesawat dan penumpangnya akan menguji batas mental dan fisik penerbangan jarak jauh, ketika Qantas mengoperasikan penerbangan langsung pertama dengan maskapai komersial dari New York ke Sydney akhir pekan ini.

Dalam penerbangan panjang ini, para peneliti akan memantau efek pada penumpang dari perjalanan tanpa henti selama 19 jam.

Terdapat 40 penumpang dan kru, sebagian besar karyawan Qantas, akan naik Boeing 787-9 dari New York pada Jumat (18/10). Pesawat dijadwalkan tiba di Down Under pada Minggu pagi.

Dikutip dari AFP, pilot juga akan memakai perangkat yang melacak gelombang otak dan kewaspadaan mereka. Dengan perbedaan waktu 15 jam antara New York dan Sydney, dampak jetlag akan diawasi dengan ketat.

"Kami tahu dari ilmu dasar ritme sirkadian bahwa perbedaan waktu yang lebih besar antara lokasi keberangkatan dan kedatangan, dan bepergian ke timur daripada ke barat, cenderung berarti orang merasa lebih jetlag," kata profesor Universitas Sydney, Stephen Simpson.

"Tetapi orang-orang tampaknya sangat berbeda ketika datang ke pengalaman jetlag - dan kami membutuhkan penelitian lebih lanjut tentang apa yang berkontribusi terhadap jetlag dan kelelahan perjalanan, sehingga kami dapat mencoba dan mengurangi dampak dari penerbangan jarak jauh."

Qantas tahun lalu memperkenalkan layanan langsung pertama dari kota Perth, Australia barat ke London, dengan perjalanan 17 jam, salah satu penerbangan penumpang terpanjang di dunia.

Selain rute New York-Sydney, Qantas akan menguji layanan dari London ke Sydney dalam beberapa bulan mendatang.

KEYWORD :

Penerbangan Terjauh Qantas Airways




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :