Sabtu, 18/05/2024 19:44 WIB

Calon Menteri Jokowi Harus Paham Nawacita

Pasca menang Pilpres 2019, Presiden Jokowi akan segera menyusun nama kabinet yang akan membantu pemerintahannya untuk lima tahun ke depan. Diharapkan, sejumlah menteri yang ditunjuk dapat memahami tentang Nawacita.

Anggota Dewan Pakar Partai Nasdem, Taufiqulhadi

Jakarta, Jurnas.com - Pasca menang Pilpres 2019, Presiden Jokowi akan segera menyusun nama kabinet yang akan membantu pemerintahannya untuk lima tahun ke depan. Diharapkan, sejumlah menteri yang ditunjuk dapat memahami tentang Nawacita.

Anggota Dewan Pakar Partai Nasdem, Taufiqulhadi mengatakan, para menteri yang membantu pemerintahan Jokwi-Ma`ruf Amin nanti bisa memahami tentang Nawacita untuk membangun bangsa Indonesia ke depan.

"Jadi pemahaman terhadap hal tersebut (Nawacita) sangat penting," kata Taufiqulhadi, kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (3/7).

Sehingga, kata Taufiqulhadi, mereka perlu memahami aspek kebangsaan dan mengerti tentang bagaimana Indonesia ke depan. Menurutnya, perspektif futuristis harus ada dan sangat penting.

"Bukan persoalan dia tua, dia muda, bukan persoalan profesional dan sebagainya," tegas Anggota Komisi III DPR itu.

Ia mengatakan, menteri dari latar belakang apa pun semuanya tepat, termasuk adanya wacana dari kaum milenial. Menurutnya, pertimbangan unsur perwakilan perempuan, dan kaum muda juga bagus. Terlebih lagi, di kabinet nanti ada Kementerian Pemuda dan Olahraga, yang memang seharusnya ditangani orang muda.

“Iya keterwakilan. Karena itu kabinet jadi sesuatu yang integral yang menjadi  kesatuan tersendiri yang dipimpin oleh presiden. Jadi tidak terpilah-pilah, siapa dari partai mana tidak ada masalah,” demikian Taufiqulhadi.

KEYWORD :

Kabinet Jokowi Menteri Nawacita Nasdem




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :