Selasa, 21/05/2024 23:57 WIB

Buka Job Fair di Jambi, Wamenaker: Generasi Tangguh Siap Tembus Pasar Kerja

Buka Job Fair di Jambi, Wamenaker: Generasi Tangguh Siap Tembus Pasar Kerja

Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor. (Foto: Biro Humas Kemnaker)

Jambi, Jurnas.com - Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor, membuka bursa kerja (Job Fair) 2023 di Fakultas Pertanian Universitas Jambi, pada Jum`at (26/5/2023).

Gelaran job fair yang bertajuk Generasi Tangguh Era Baru, Siap Menembus Pasar Kerja, diikuti oleh 50 perusahaan dengan 96 jenis jabatan dan 7.987 kebutuhan pekerja dari berbagai sektor lapangan usaha.

Ketika memberikan sambutannya, Wamenaker mengatakan, salah satu tantangan utama perekonomian Indonesia adalah bagaimana menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Ia menyebut, karakteristik pertumbuhan ekonomi Indonesia terus mengalami perubahan, yang berakibat masih dibutuhkannya usaha lebih besar dalam menurunkan angka pengangguran.

Jika dilihat dari data Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas), Badan Pusat Statistik (BPS) bulan Februari 2023 menunjukkan, ada 7,99 juta pengangguran terbuka dengan tingkat pengangguran sebesar 5,45 persen. Angka ini turun 0,38 persen dibandingkan tahun 2022.

"Semua data ini menunjukkan bahwa proses pemulihan ekonomi dan sektor ketenagakerjaan berjalan ke arah dan tren yang positif," katanya.

Wamenaker menambahkan, pihaknya telah menyediakan berbagai layanan ketenagakerjaan bagi masyarakat dalam mendapatkan informasi mengenai ketenagakerjaan, seperti pelatihan, lowongan pekerjaan dan pemagangan, yang dapat diakses melalui aplikasi SIAPKerja pada laman https://kemnaker.go.id.

Selain itu, Kemnaker juga menyediakan layanan secara online melalui laman https://jobfair.kemnaker.go.id untuk melaksanakan kegiatan job fair secara virtual.

"Saya berharap, melalui job fair para pencari kerja dapat mendapatkan pekerjaan. Teruslah bersemangat mencari peluang serta meningkatkan kompetensi agar bisa menjadi generasi tangguh," ucapnya.

KEYWORD :

Kementerian Ketenagakerjaan Afriansyah Noor Job Fair SIAPKerja




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :