Sabtu, 04/05/2024 08:21 WIB

Australia Tarik Telur dari Pasaran Terkontaminasi Mikroba

Kumpulan Southern Highland Organic Eggs yang berasal dari Australia ditarik kembali oleh perusahaan Synergy Produce dari jaringan supermarket besar Woolworths dan IGA serta pengecer independen lainnya, menurut pernyataan dari NSW Food Authority

Ilustrasi telur (foto: Google)

Jakarta, Jurnas.com - Otoritas makanan di negara bagian New South Wales (NSW) Australia mengeluarkan peringatan besar tentang potensi kontaminasi mikroba dalam sejumlah telur organik di rak supermarket, menyusul dua penarikan serupa lainnya awal tahun ini.

Kumpulan Southern Highland Organic Eggs yang berasal dari Australia ditarik kembali oleh perusahaan Synergy Produce dari jaringan supermarket besar Woolworths dan IGA serta pengecer independen lainnya, menurut pernyataan dari NSW Food Authority.

"Penarikan itu karena potensi kontaminasi mikroba (Salmonella Enteritidis) dan produk makanan yang terkontaminasi bakteri dapat menyebabkan penyakit jika dikonsumsi," katanya dilansir CGTN.

"Konsumen tidak boleh makan produk ini. Konsumen yang khawatir tentang kesehatan mereka harus mencari saran medis dan harus mengembalikan produk ke tempat pembelian untuk pengembalian uang penuh," tambahnya.

Penarikan mencakup produk 300-g (enam-paket) dan 700-g (12-paket), dengan yang terbaik sebelum tanggal 9 Mei.

Peringatan itu adalah penarikan kembali utama ketiga dari produk telur tercemar tahun ini, menyusul kekhawatiran salmonella terpisah untuk pemasok telur lainnya pada bulan Februari dan Maret.

Pada bulan Maret, setidaknya lima orang berusia 20 hingga 80an mengontrak salmonella enteritidis yang dikaitkan dengan telur dari Bridgewater Poultry di negara bagian Victoria. Pada bulan Februari, Otoritas Makanan NSW menyarankan konsumen untuk membuang telur yang ditandai dengan label "BEC" atau "BEC115" di tengah kekhawatiran kontaminasi.

KEYWORD :

Telur Organik Pasar Australia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :