Minggu, 05/05/2024 23:06 WIB

Melawan Kanker dengan Zumba

Kegiatan kelompok seperti kelas Zumba dapat menjadi pilihan bagus bagi pasien kanker untuk tetap bugar dan sehat. 

Kanker (Foto: Tehran Time)

Jakarta, Jurnas.com - Kanker adalah penyebab utama kematian nomor dua di dunia dan diperkirakan telah meningkat menjadi 18,1 juta kasus baru di seluruh dunia pada tahun 2018, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Penelitian berkelanjutan serta terobosan inovasi baru dalam kedokteran telah meningkatkan deteksi dan pengobatan dini secara signifikan, sehingga memberi pasien kanker harapan yang lebih tinggi untuk bertahan hidup dan sembuh.

Namun demikian, sebetulnya yang paling membebani pasien adalah perjalanan dalam memerangi kanker, dan perjuangan tersebut tidak pernah mudah, dan membutuhkan daya tahan, tekad, serta dukungan dari keluarga dan kerabat.

Bagian penting dari mengatasi diagnosis kanker adalah mengenali emosi dan perasaan. Menurut American Cancer Society, perawatan yang berhubungan dengan emosi dan hubungan kita, atau juga dikenal sebagai intervensi psikososial, dapat membantu pasien kanker dalam menangani perasaan stres, meningkatkan kualitas hidup serta kesejahteraan dalam menjalani seluruh rangkaian pengobatan kanker.

Dr. Dian Kartika, MH. Kes mengatakan, sangat penting bagi penderita kanker untuk memiliki pandangan positif tentang kondisi mereka. Selain itu, mempertahankan gaya hidup aktif, sosial, dan sehat dapat sangat membantu dalam mengatasi stres serta kelelahan selama mengidap kanker tersebut.

Menurutnya, kegiatan kelompok seperti kelas Zumba dapat menjadi pilihan bagus bagi pasien kanker untuk tidak hanya tetap bugar dan sehat, tetapi juga menjalin hubungan positif dengan anggota kelas Zumba lainnya.

 “Seperti pada populasi klinis lainnya, perilaku gaya hidup sehat seperti mengontrol berat badan, diet sehat, dan olahraga teratur memiliki potensi untuk secara signifikan mengurangi morbiditas dan mortalitas pada penderita kanker," ucap Dian yang juga anggota instruktur Zumba dari komunitas ZIN.

Selain itu, kelas Zumba yang sangat berbasis komunitas juga dapat berperan seperti kelompok pendukung untuk membantu mengurangi tekanan dan mengatasi emosi yang datang pada penderita kanker.

“Berolahraga meningkatkan sirkulasi oksigen dan juga membantu melepaskan hormon endorphin dalam tubuh Anda. Untuk penderita kanker, hormon ini berperan penting untuk mengurangi rasa sakit serta efek samping dari proses pengobatan," terangnya.

Meski demikian, menurut Dr Dian berolahraga untuk penderita kanker tetap membutuhkan pengawasan dokter. Masing-masing memiliki kondisi berbeda, karenanya ada berbagai jenis kelas Zumba yang sesuai.

KEYWORD :

Pengidap Kanker Olahraga Zumba




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :