Minggu, 28/04/2024 18:47 WIB

Pentingnya Komunitas untuk Para Ibu di Era Digital

Sebanyak 84,55 responden perempuan memilih internet sebagai sumber informasi terbesar bagi para Ibu.

Seorang ibu membutuhkan komunitas untuk berbagi informasi positif (Foto: Istimewa)

Jakarta - Hasil survei terhadap pelanggan Blibli.com menyebutkan membaca artikel informasi terkait ibu dan anak di internet menjadi sumber informasi terbesar bagi para Ibu (84,55 persen), diikuti referensi dari membaca buku parenting (40 persen), menonton acara TV yang membahas mengenai ibu & anak (35,45 persen).

Namun di sisi lain, hasil survei menyebutkan bahwa berbagi pengalaman dengan para ibu lainnya menjadi ketertarikan utama ikut komunitas (sebanyak 73,64 persen), disusul keinginan memperoleh pendapat dari para ahli (72,73 persen) dan konten/tips informatif (66,36 persen).

Manusia sebagai makhluk sosial secara alami pasti akan berkelompok atas dasar kedekatan secara fisik (proximity) maupun kesamaan (similarity).

Interaksi yang terjadi dalam kelompok tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sarana belajar seseorang dalam mengatasi permasalahan sehari-hari.

Psikolog keluarga dan pernikahan Nadya Pramesrani mengatakan karena dasarnya adalah pengalaman individu, belum tentu apa yang berhasil diterapkan oleh satu orang, berhasil juga diterapkan orang lain.

"Di era digital ini perlu pintar dalam memilih komunitas agar informasi yang diterima bukan sekadar dari opini dan pengalaman ibu-ibu lain. Tapi juga solusi yang didasari penelitian dari ahlinya," ujar Psikolog dari Rumah Dandelion ini di Jakarta, Jumat (28/9).

Sementara itu Kamidia Radisti seorangibu yang dikenal sebagai presenter dan juga penggiat olahraga menyambut positif terbentuknya komunitas Sahabat Ibu Pintar.

Sebab selama ini ia khawatir apakah tips yang didapat selama ini cocok diterapkan bagi keluarganya dan bisa dipertanggung jawabkan.

"Terus terang sebagai ibu,saya ingin memberikan yang terbaik untuk keluarga dengan rajin mencari-cari solusi pintar via internet seputar parenting, seperti tips pola asuh, perkembangan psikologi anak dan cara terbaik untuk merawat kesehatan anak," ucapnya.

Senior Vice President Marketing Blibli.com I Gusti Ayu Fadjar mengungkapkan pihaknya memahami pentingnya peran komunitas yang tepat bagi para Ibu.

Menyikapi itu, pihaknya meluncurkan Sahabat Ibu Pintar yan merupakan komunitas perempuan khususnya bagi para ibu yang bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman.

"Selain itu juga senang berkolaborasi dan berbagi informasi solusi pintar dalam  parenting dan gaya hidup modern,serta percaya jika informasi yang diberikan tidak hanya berdasar opini, namun ada landasan fakta maupun data yang diperkuat dari ahli dan sumber yang bisa dipertanggungjawabkan," ucapnya.  

KEYWORD :

Ibu Komunitas Parenting Anak




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :