Minggu, 05/05/2024 22:46 WIB

Desa di Kaltara Jadi Percontohan Program Padat Karya Tunai

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) telah menjadikan sejumlah desa yang terdapat di Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara sebagai percontohan program Padat Karya Tunai (PKT)

Foto: Istimewa

Tanjung Selor – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) telah menjadikan sejumlah desa yang terdapat di Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara sebagai percontohan program Padat Karya Tunai (PKT).

Sejumlah desa-desa yang dijadikan sebagai percontohan program PKT diantaranya yakni Desa Respen Tubu, Long Sule, Sesua, Nahak Ramo, Bila Bekayuk, Long Lake, Long Lebusan, Malinau Hilir, Luso dan Lubak Manis.

Gubernur Kaltara Irianto Lambrie mengatakan bahwa atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara memberi apresiasi atas prestasi yang diperoleh sejumlah desa di Malinau.

“Prestasi ini membuktikan bahwa desa-desa di Kaltara, sebagai provinsi baru tidak kalah dengan desa-desa di daerah lain di Indonesia. Kita sangat mengapresiasi ini,” kata Irianto.

Gubernur berharap, capaian tersebut bisa menjadi contoh dan acuan bagi desa-desa lain di Kaltara. Jika perlu kabupaten lain, bisa belajar dengan 10 desa di Malinau itu.

“Ini juga tidak lepas dari peran pimpinan daerahnya, utamanya para aparat desa, yang mampu menggerakkan masyarakatnya untuk bersama membangun desa melalui program padat karya,” ujarnya.

Dalam pembangunan, kata Irianto, peran desa sangat penting. Apalagi alokasi anggaran yang diberikan ke desa saat ini lumayan besar. Setiap desa bisa memperoleh anggaran, baik dari pusat maupun daerah hingga Rp 1 miliaran lebih.

“Untuk itu, saya minta pembinaan, bimbingan selalu dilakukan kepada para aparat desa. Penggunaan anggaran, harus tepat sasaran. Dan yang terpenting juga, jangan sampai ada yang bermasalah dengan hukum,” ulas Irianto.

Untuk diketahui, program PKT merupakan program pemerintah untuk mengatasi masalah masih tingginya gizi buruk dan stunting, angka pengangguran, angka kemiskinan, tingkat kesehjateraan pendapat, jumlah desa tertinggal, serta terjadinya migrasi dan urbanisasi yang tinggi. PKT dilakukan dengan memanfaatkan Dana Desa guna mempercepat penurunan kemiskinan dan ketimpangan yang ada.

KEYWORD :

Info Kemendes




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :