Minggu, 28/04/2024 14:28 WIB

Kemendes PDTT Turut Serahkan Bantuan Dalam Festival Desa Nusantara

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melalui Direktorat Jenderal Pembangunan Kawasan Pedesaan Kemendes PDTT memberikan bantuan berupa gudang dan mesin pengolahan kopi Bumdes senilai Rp 1,15 milyar rupiah pada saat acara Festival Desa Nusantara di Bondowoso pada Senin (16/7)

Foto: Istimewa

Bondowoso - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melalui Direktorat Jenderal Pembangunan Kawasan Pedesaan Kemendes PDTT memberikan bantuan berupa gudang dan mesin pengolahan kopi Bumdes senilai Rp 1,15 milyar rupiah pada saat acara Festival Desa Nusantara di Bondowoso pada Senin (16/7).

Bantuan tersebut diberikan kepada sekitar Sebelas Bumdes (Badan Usaha Milik Desa). Sementara bentuk bantuan yang diberikan berupa uang tunai, mulai dari senilai 25 juta hingga 50 juta rupiah. Sebanyak 10 Kepala Desa juga menerima bantuan usaha ekonomi masyarakat.

Mendes Eko mengungkapkan, bahwa pihaknya sangat meyakini jika Desa diberikan kepercayaan, didorong dan diberikan dana yang cukup, maka pembangunan Desa yang meliputi segala bidang akan berjalan dengan efektif.

“Komitmen presiden begitu besar untuk membangun desa. Karena Indonesia ini merupakan bangsa yang besar, terdiri dari 74.957 desa. Maka, program pemerintah tidak akan efektif kalau dilakukan secara sentralisasi dari pusat,” kata.

Eko juga menyampaikan, bahwa kepemerintahan Jokowi akan terus berlangsung mewujudkan kemakmuran warga desa demi mewujudkan Desa yang mandiri. Yaitu dengan terus menambah jumlah dana desa untuk menampilkan modal Desa dalam memberdayakan dan mengembangkan ekonomi desa.

“Tiga tahun, pemerintah negara ini Jokowi telah memberikan dana yang besar ke desa. Lebih dari 187 Triliun rupiah. Dan setiap tahun akan dinaikan. Yang awal 300 juta hingga tahun ini bisa mencapai 800 hingga 3,5 milyar,” katanya.

KEYWORD :

Info Kemendes




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :