Minggu, 28/04/2024 18:37 WIB

Tips Membersihkan Dapur dari Noda Membandel

Agar kompor Anda bersih bebas dari noda membandel, bersihkan dengan beberapa cara berikut.

Membersihkan kompor.(Foto : Boldsky.com)

Jakarta - Kompor adalah alat yang sangat penting dalam rumah. Setiap saat ibu atau bahkan Anda menggunakannya untuk memasak makanan. Coba bayangkan jika selama berhari-hari tidak dibersihkan. Maka tungku dan pembakaran kompor pasti sangat kotor dan ada banyak karat juga lemak yang menempel.

Jangan hanya punya hobi memasak, Anda juga harus memperhatikan kebersihan alat masak Anda agar tidak cepat rusak dan enak dipandang mata. Agar kompor Anda bersih bebas dari noda membandel, bersihkan dengan beberapa cara berikut.

1. Amonia
Di sini yang harus Anda lakukan adalah melepas pembakar removable dan memasukkannya ke zip bag. Tambahkan amonia murni ke dalam zip bag biarkan semalaman. Keesokan harinya keluarkan alat pembakaran dari wadah plastik dan lihat dapur Anda tampak mengkilat.

2. Soda Kue dan Hidrogen Peroksida
Dalam metode ini awalnya, semua yang harus Anda lakukan adalah membersihkan kompor dengan membuang segala jenis serpihan dari permukaan. Setelah selesai, taburkan permukaan dengan baking soda (soda kue) dan kemudian tambahkan hidrogen peroksida.
Setelah itu, Anda hanya perlu menunggu dan menyaksikan serbuk mengering dan memecah semua noda yang sulit. Bilas permukaan dengan air ledeng setelah semua buih hilang. Sebaiknya, tunggu permukaan mengering sebelum Anda menggunakannya.

3. Air mendidih
- Metode ini tidak mengharuskan penggunaan bahan kimia khusus. Anda harus berhati-hati menuangkan air mendidih ke seluruh permukaan. Setelah selesai, biarkan air menjadi dingin. Sebagian besar kotoran dan minyak sudah dibersihkan.
- Untuk sisa kotoran, Anda bisa menggunakan sedikit sabun pada spons. Anda tidak benar-benar perlu menggunakan bahan kimia yang keras. Jika Anda menderita asma atau alergi terhadap asap dari bahan kimia tertentu, ini adalah pilihan pembersihan terbaik untuk Anda, karena ini tidak akan menyebabkan iritasi apa pun.

4. Sabun Piring dan Soda Kue
Ambil mangkuk kecil dan tambahkan beberapa tetea sabun cuci piring dan satu soda kue. Sabun cuci piring yang Anda gunakan bisa padat, cair atau bentuk bubuk. Campur dua bahan ini dengan baik dan gunakan spons yang dicelupkan ke dalamnya untuk membersihkan kompor Anda.

Jangan simpan campuran yang telah Anda siapkan dan pastikan untuk menggunakannya segera setelah disiapkan. Jika Anda memiliki beberapa campuran ekstra, pastikan Anda membuangnya setelah Anda selesai membersihkan. Kandungan dari campuran ini menjadi beracun jika terkena atmosfer untuk durasi yang lama.

5. Mengikis
Gunakan opsi ini hanya jika Anda telah mencoba beberapa cara namun gagal, Anda perlu menggunakan silet dan mengikis sisa karat atau kotoran yang melekat di kompor. Setelah semua chipping selesai, Anda bisa menghapusnya dengan spons yang dicelupkan ke dalam air. Namun, pastikan Anda benar-benar berhati-hati saat melakukannya. Jika Anda tidak hati-hati, Anda mungkin akan meninggalkan goresan pada kompor baja Anda.

6. Garam dan Soda Kue
Siapkan pasta dari satu sendok makan masing-masing air, soda kue, dan garam. Pastikan semua bahan tercampur dengan baik. Setelah selesai, celupkan lap ke dalam campuran dan gunakan itu untuk menghilangkan noda.

Metode ini adalah salah satu alat yang paling efektif untuk membersihkan kompor dan juga bekerja dengan baik di atas kap kompor (yang biasanya merupakan bagian paling kotor dari kompor). Keuntungan lain yang ditambahkan di sini adalah kenyataan bahwa metode ini tidak memerlukan upaya menggosok atau fisik di pihak Anda.

7. Cuka Putih
Anda memerlukan botol semprot yang tidak terpakai dan Anda harus mengisinya dengan cuka putih sepertiga dan air dua per tiga. Kuncinya di sini adalah keasaman cuka yang memainkan peran yang sangat baik dalam menghilangkan semua kotoran itu. Yang harus Anda lakukan adalah menyemprotkan larutan yang baru saja Anda siapkan ke permukaan kompor yang kotor biarkan selama beberapa menit, lalu bersihkan dengan lap kering.

KEYWORD :

kompor dapur soda kue masak




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :