Minggu, 28/04/2024 13:12 WIB

Linden, Perempuan Pertama AS yang Menangkan Lomba Maraton di Boston

Pelari asal Amerika Serikat Desiree Linden berhasil menjadi juara bersama dengan pelari dari Jepang Yuki Kawauchi

Wanita AS yang pertama kali memenangkan lomba marathon

Jakarta - Pelari asal Amerika Serikat Desiree Linden berhasil menjadi juara bersama dengan pelari dari Jepang Yuki Kawauchi pada ajang Boston Maraton 2018.

Sebelumnya, Linden dan Yuki bersaing dengan para pelari dari negara lain yang memadati jalan-jalan untuk mengikuti Boston Marathon yang paling dingin dalam 30 tahun itu.

Beruntungnya Linden merupakan wanita Amerika pertama yang memenangkan perlombaan sejak Lisa Larsen Weidenbach mengklaim tempat pertama pada 1985 silam. Dia menyelesaikan lomba tersebut dengan waktu 2:39:54.

Sesama pelari asal Amerika, Sarah melintasi garis finish di tempat kedua.

Sementara di klasemen pria, Kawauchi juga mengakhiri kekeringan panjang untuk Jepang. Dia menyelesaikan maraton dalam waktu 2:15:58, memenangkan Marathon Boston pertama di negara itu sejak 1987. Dia berhasil mengalahkan juara tahun 2017 Geoffrey Kirui dari Kenya.

"Saya tidak pernah menyerah," kata Kawauchi kepada wartawan. "Saya tahu [Kirui] ada di sana. Saya bisa melihatnya. Saya berlari ras saya sendiri dan saya berlari ke bawah. ``

Kawauchi mengatakan kepada WBZ-TV bahwa dia "kedinginan" setelah balapan, tetapi mengatakan bahwa kondisi adalah yang terbaik yang bisa dia lakukan.

Krista Duchene dari Kanada menempati posisi ketiga dan merupakan satu-satunya pelari non-Amerika yang menempati posisi lima besar.

Rachel Hyland finis keempat dan Jessica Chichester selesai di tempat kelima. Amerika Serikat memiliki tujuh dari delapan teratas di klasemen perempuan.

 "Saya tidak memiliki kata-kata yang tepat," kata Linden kepada wartawan.

"Aku senang. Ini seharusnya sulit."

Shadrack Biwott dari Amerika, Tyler Pennel, Andrew Bumbalough dan Scott Smith mengikuti Kawauchi dan Kirui di klasemen pria.

KEYWORD :

Maraton Amerika Linden




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :