Sabtu, 04/05/2024 01:40 WIB

Toyota Bangun Pabrik Mobil Tanpa Sopir

Toyota resmi menggelontorkan uang sebesar $2,8 miliar kepada sebuah perusahaan baru

Ilustrasi mobil tanpa sopir

Tokyo - Toyota resmi menggelontorkan uang sebesar $2,8 miliar kepada sebuah perusahaan baru untuk membangun pabrik mobil tanpa sopir atau self-driving car.

Toyota Research Institute-Advanced Development (TRI-AD), demikian nama perusahaan itu, akan mempekerjakan 300 karyawan di tahap awal, dan rencananya akan merekrut hingga 1000 pekerja ketika sudah mulai berproduksi.

Target waktu pembangunan pabrik dipatok sampai 2020 mendatang. Dalam jangka dua tahun tersebut, Toyota juga sembari menguji perangkat lunak yang akan digunakan oleh produk barunya, yang diharapkan dapat menjadi pasar baru di dunia otomotif.

Dilansir dari Wall Street Journal, ada bocoran mobil tersebut kemungkinan dilengkapi dengan kecerdasan buatan (AI) yang memungkinkan penumpang berinteraksi dengan kendaraan.

"Dengan mengembangkan perangkat lunak mengemudi otomatis, ada spektrum perangkat lunak yang ditulis dengan beragam kualitas," ujar pemimpin TRI-AD James Kuffner kepada Wall Street Journal.

Juru bicara Toyota Jean-Yves Jault menjelaskan alasan mengapa TRI-AD diciptakan terpisah dari Toyota Motor Corp. yang selama ini kerap memproduksi kendaraan roda empat ke seluruh dunia.

"Kami menciptakan perusahaan yang tidak terikat oleh pembatasan," demikian penuturan Jean.

 

KEYWORD :

Toyota Self-Driving Car Mobil Tanpa Sopir




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :