Rabu, 01/05/2024 01:37 WIB

Iran Kembangkan Kalajengking untuk Keperluan Medis

Saat ini sekelompok tiga peneliti yang telah menyerahkan ide penangkaran kalajengking tersebut menumbuhkan hewan di laboratorium untuk mengumpulkan kalajengking.

Iran kembangkan kalajengking untuk keperluan medis

Tehran - Sekelompok peneliti Iran di Universitas Azad Islam Najafabad, provinsi Isfahan tengah, berhasil menghasilkan rencana untuk mempertahankan kelangsungan hidup kalajengking melalui penangkaran untuk tujuan ekstraksi racun.

Saat ini sekelompok tiga peneliti yang telah menyerahkan ide penangkaran kalajengking tersebut menumbuhkan hewan di laboratorium untuk mengumpulkan kalajengking.

Seluruh proyek tersebut menghabiskan biaya sekitar 1 miliar rials Rp292 juga sejauh ini dan racunnya dapat digunakan untuk pengobatan penyakit seperti kanker, arthritis, dan multiple sclerosis (MS).

Racun kalajengking adalah zat yang baru saja menjalani pengujian untuk menentukan kemungkinan manfaatnya bagi pengobatan manusia. Tampaknya racun kalajengking lebih dari sekadar mekanisme pertahanan yang berbahaya bagi seorang arakhnida.

Penelitian saat ini tentang racun kalajengking dianggap terlambat, meski ada manfaatnya bagi keperluan medis. Beberapa orang percaya racun kalajengking suatu hari bisa digunakan untuk menyembuhkan Lupus dan Rheumatoid Arthritis.

Ini telah dieksplorasi untuk membantu beberapa kasus multiple sclerosis dan kanker, dan membantu transplantasi jantung. Beberapa orang berharap racun kalajengking akan digunakan sebagai obat penghilang rasa sakit suatu hari nanti.

Racun kalajengking mengungguli daftar cairan termahal di dunia. Racun kalajengking berharga USD39.000.000 atau sekita Rp519 miliar per galon sedangkan darah manusia, senilai USD1.500 atau sekitar Rp1,9 miliar per galon.

Younes Shakibzadeh, anggota tim peneliti Iran, menjelaskan bahwa kalajengking hidup sampai 7 tahun dan jika kalajenginkin tersebut  diberi makanan yang sehat, ia dapat diperah dua kali setahun.

Prestasi seperti itu akan membantu ilmuwan Iran untuk mandiri dalam memproduksi kalajengking untuk tujuan medis di masa depan.

KEYWORD :

Iran Kalajengking Medis




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :