Senin, 29/04/2024 16:10 WIB

21 Perusahaan Ajukan Beras Impor

Djarot mengatakan, tidak yakin beras impor yang akan didatangkan mencapai 500.000 ton dalam satu kali pengiriman.

Ilustrasi Impor Beras

Jakarta - Badan Urusan Logistik (Bulog) mencatat, sudah menerima penawaran dari 21 perusahaan untuk mengimpor 500.000 ton beras, akhir Januari ini.

“Yang sudah memenuhi persyaratan administrasi 11 perusahaan. Setelah itu baru bidding,” ujar Direktur Utama Bulog Djarot Kusumayakti seusai Rapat Dengar Pendapat dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Jakarta, Kamis.

Menurut Djarot, perusahaan yang sudah memenuhi syarat berasal dari Thailand, Vitenam, Pakistan dan India. Tim Bulog akan mencari perusahaan yang mampu menyediakan beras paling lambat hingga akhir Februari.

Djarot mengatakan, tidak yakin beras impor yang akan didatangkan mencapai 500.000 ton dalam satu kali pengiriman. Karena tidak semua perusahaan mempunyai stok cukup dan armada kapal untuk mengirimkannya ke Indonesia.

Menurut Djarot lagi, saat ini Bulog sedang menghitung berapa kemampuan perusahaan-perusahaan peserta lelang untuk mengirimkan beras hingga akhir Februari.

Setelah beras datang, menurut Djarot, Bulog tidak bisa langsung mendistribusikannya, namun harus disimpan dan baru bisa dikeluarkan setelah Rapat Kordinasi Terbatas (Rakortas) agar tidak mengganggu panen petani. (AA)

KEYWORD :

Beras Impor Bulog




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :