Minggu, 05/05/2024 22:00 WIB

Lima Kebiasaan Ini Bikin Kamu Makin Bulet

Bertubuh gemuk kadang membuat seseorang kurang percaya diri di tengah pergaulan.

Ilustrasi obesitas

Jakarta – Bertubuh gemuk kadang membuat seseorang kurang percaya diri di tengah pergaulan. Dan akhirnya apapun akan dilakukan, mulai dari mengatur pola hidup sehat, membatasi konsumsi makanan tertentu, hingga mengeluarkan biaya besar, hanya untuk memperoleh bentuk tubuh yang ideal.

Bukan semata soal penampilan, bertubuh gemuk juga memicu munculnya berbagai macam penyakit. Seperti diabetes, jantung, darah tinggi, stroke, dan penyakit kronis lainnya. Karena itu, menjaga tubuh tetap ideal merupakan hal yang wajib dilakukan, agar tetap sehat.

Namun adakalanya, usaha yang dilakukan tidak berbuah hasil. Meskipun sudah diet ketat, ternyata tubuh masih saja melar. Nah apa penyebabnya? Yuk simak!

  1. Ketagihan sosial media

Dengan menghabiskan waktu bermain sosial media, ternyata kamu sudah membuat tubuhmu kurang aktifitas alias pasif. Kondisi seperti ini, diam-diam akan membuat gairah makanmu bertambah, dan berat badanmu meningkat.

“Mereka yang menghabiskan banyak waktu di Facebook atau Instagram, cenderung kurang aktif, meski punya banyak teman di sosial media,” kata pakar nutrisi Cassandra Barns dikutip dari Daily Star.

  1. Kurang tidur

Ahli pakar dari SuperfoodUK mengatakan penelitian menemukan bahwa orang yang kurang tidur akan membuat tubuh mengonsumsi 300-400 kalori per hari. Dan untuk merasa kenyang, biasanya kamu akan cenderung mengonsumsi makanan bergula dan manis.

  1. Makanan kurang sehat

Kurangi makanan bergula. Selain berisiko diabetes (kencing manis), makanan bergula juga membuat berat badanmu bertambah, sebab gula-gulaan dapat memperlambat proses pencernaan, dan meningkatkan nafsu makan.

  1. Makan sebelum minum

Ini yang sering disalahpahami. Sering kali kita minum setelah merasa hampir kenyang. Ternyata kebiasaan ini salah. Sebaiknya kamu minum 20 menit makan makanan berat.

  1. Tidak sering berolahraga

Pasti, ketika kamu hanya bekerja 7 hari 24 jam, tubuh akan kehilangan aktivitas untuk membakar kalori.

“Buatlah pengingat (reminder), meski hanya berjalan-jalan di kantor Anda setiap pagi,” kata ahli podiatris Dave Wain.

KEYWORD :

Kesehatan Obesitas Tips




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :