Rabu, 08/05/2024 00:56 WIB

Komisi V DPR: Pelabaran Jalan Lintas Kota Jambi-Mendalo Mendesak

Pelebaran jalan utama Kota Jambi menuju Mendalo dinilai sebagai kebutuhan yang mendesak. Sebab, jalan tersebut menjadi satu-satunya akses menuju dua kampus besar dan juga lintasan utama kendaraan antar provinsi maupun kendaraan pengangkut barang.

Tim Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI mengunjungi akses jalan lintas Kota Jambi-Mendalo (Foto: Humas DPR)

Jakarta - Pelebaran jalan utama Kota Jambi menuju Mendalo dinilai sebagai kebutuhan yang mendesak. Sebab, jalan tersebut menjadi satu-satunya akses menuju dua kampus besar dan juga lintasan utama kendaraan antar provinsi maupun kendaraan pengangkut barang.

Hal ini terungkap saat Tim Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI mengunjungi akses jalan
lintas Kota Jambi-Mendalo, di Muaro Jambi, Selasa (31/10).

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo mengatakan, kondisi jalan tersebut sangat sempit, sehingga membuat lintasan jalan rawan kecelakaan. Pemerintah, terutama Pemerintah Provinsi Jambi didesak agar melakukan pelebaran jalan tersebut.

"Kebutuhan jalan menjadi kebutuhan pokok dalam pembangunan daerah, karena jalan merupakan akses utama jalannya roda ekonomi daerah. Oleh karena itu, pembangunan jalan di daerah sangat penting dan harus menjadi skala prioritas," kata Sigit, saat kunjungan kerja.

Sigit memimpin Tim Kunker ini meninjau langsung proyek pembangunan dan pelebaran jalan utama di Kota Jambi. Politisi PKS ini menyerukan, pembebasan lahan, izin amdal, dan persyaratan lainnya harus segera diselesaikan sebelum proyek pembangunan dan perluasan jalan tersebut dilaksanakan.

"Kami Komisi V tentunya juga akan membantu memperjuangkan agar pembangunan infrstruktur jalan di Jambi mendapat alokasi anggaran dari APBN," terangnya.

Dia juga meminta agar terjalin kerja sama yang baik antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Anggota Komisi V DPR RI dari Dapil Jambi ada dua wakil yang akan terus menyuarakan
dan memperjuangkan di pusat.

Sementara itu, Anggota Komisi V DPR RI Ahmad Bakri menyampaikan bahwa jalan lintas Kota Jambi–Mendalo sangat mendesak untuk dilakukan pelebaran. Kehadiran Komisi V kali ini akan memperkuat Jambi dalam pengajuan pelebaran jalan tersebut ke pemerintah pusat.

"Dengan hadirnya teman-teman Komisi V DPR ke Jambi, bisa membantu menjelaskan betapa butuhnya jalan tersebut kepada pemerintah pusat," ungkapnya.

Di sisi lain, Bupati Muaro Jambi Masnah Busro berharap kunjungan Komisi V DPR ke lokasi rencana pelebaran jalan lintas Kota Jambi-Mendalo, bisa membantu merealisasikanya
terutama bantuan untuk memperjuangkan anggaran pusat.

KEYWORD :

Warta DPR Komisi V DPR Kunker




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :