Kamis, 16/05/2024 17:25 WIB

Internasional

Sebelas Hari Meninggalkan Anaknya, Ibu Ini Dibekuk

Seorang ibu yang meninggalkan keempat anaknya masih kecil sendirian saat melakukan perjalanan Eropa selama 11 hari dipenjara.

Erin Lee Macke (Foto: Reuters)

Jakarta - Pihak berwenang membenarkan, seorang ibu yang meninggalkan keempat anaknya masih kecil sendirian saat melakukan perjalanan Eropa selama 11 hari dipenjara.

Erin Lee Macke yang berusia 30 tersebut melakukan perjalanan dari Johnston, Iowa, sebuah daerah pinggiran Des Moines, ke Jerman pada 20 September tanpa meninggalkan baby sister untuk anak-anaknya, yang dua di anatanya berusia 12 dan lainnya masih 6 dan 7 tahun, kata polisi Johnson. 

"Saya sering melihat seorang ibu meninggalkan anak-anak ke suatu tempat, tapi jika meninggalkan ke negara lain benar-benar berbeda," kata seorang  juru bicara, Janet Wilwerding.

Berita tersebut menarik perhatian utama di Inggris, di mana harian Daily Mail menyebut Macke "ibu terburuk di Amerika", begitu juga komentar di halaman Facebook Macke.

Polisi pada 21 September menemukan anak-anak di rumah tersebut, memberi tahu petugas perlindungan anak dan kemudian menelepon Macke di Jerman, memerintahkannya untuk segera kembali. Ia telah merencanakan untuk kembali pada Minggu.

Macke ditangkap pada  Kamis dengan empat tuduhan membahayakan anak-anak, kata polisi. Ia juga dikenai tuduhan membuat senjata api yang tersedia bagi seseorang di bawah usia 21 tahun, karena ada senapan tanpa jaminan di rumah yang diketahui anak-anak itu.

Anak-anak berasal dari dua ayah biologis yang tidak tinggal di rumah tersebut, kata Aswegan. Salah satu ayah yang tinggal di Texas menemukan mereka ditinggal sendirian dan menelepon polisi.

Undang-undang negara bagian Iowa tidak menentukan batas usia atau batas waktu untuk meninggalak anak-anak, namun orang tua harus memberikan keamanan anak-anak mereka, kata Amy McCoy, juru bicara Departemen Urusan Manusia Iowa.

Polisi berkonsultasi dengan jaksa setempat sebelum mengajukan tuntutan dan mempertimbangkan jarak, durasi ketidakhadiran dan usia anak-anak, kata Aswegan.

"Seandainya ini terjadi, di mana mungkin Macke pergi beberapa jam untuk makan malam di kota, itu adalah satu situasi di mana hal ini mungkin tidak menjadi perhatian yang signifikan," katanya.

Situs Polk County Jail menunjukkan bahwa Macke ditahan dengan obligasi USD9.000 untuk semua hal.

KEYWORD :

Eropa Anak-anak Johnston Iowa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :