Minggu, 28/04/2024 19:11 WIB

Bioskop di China Diwajibkan Tayangkan Film Propaganda

Ketentuan yang diberlakukan badan pengatur media Pemerintahan China itu, mengharuskan seluruh bioskop lokal untuk memutar satu dari empat video propaganda.

Salah satu bioskop di China

Jakarta - Pemerintahan China sejak 1 Juli 2017 telah memberlakukan penayangan propaganda negaranya yang diputar sebelum pemutaran film dibioskop-bioskop.

Film propaganda sebagai pembuka itu, rata-rata berdurasi tiga menit yang menggambarkan tentang nilai sosialisme, visi dan misi Presiden Xi Jinping terkait impiannya untuk China, dan juga diselipkan dengan semboyan Partai Komunis China.

Ketentuan yang diberlakukan badan pengatur media Pemerintahan China itu, mengharuskan seluruh bioskop lokal untuk memutar satu dari empat video propaganda pada setiap tayang film. Sehingga, propaganda sosialisme menjadi tujuan terbentuk kepada publik.

Namun cara yang diterapkan cukup halus. Lembaga pembuatan film propaganda itu melibatkan artis besar. Seperti Jackie Chan, Donnie Yen, Fan Bingbing, serta Angelababy.

Film itu berlatar musik orkestra dengan wajah para selebriti menatap kamera. Kemudian, memperlihatkan kebanggaannya mengucapkan slogan partai serta puisi China Kuno.

Li Bingbing yang tampil dalam video itu terlihat mengucapkan,  "Tidak peduli apa yang Anda lakukan, selama Anda tidak mengecewakan Negara Anda, masyarakat Anda, bangsa Anda, dan keluarga Anda, maka Anda membantu mewujudkan impian masyarakat China," kata Li.

KEYWORD :

Propaganda Komunis China




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :