Minggu, 28/04/2024 14:08 WIB

Kirim 17 Atlet, Panjat Tebing Bidik Tiga Emas Asian Youth Championship 2017

AYC 2017, ajang yang menjadi tolak ukur pembinaan atlet muda di tingkat Asia, diikuti 16 negara Asia.

Pelatnas panjat tebing

Jakarta - Selain mengirim atlet senior melakukan ujicoba ke luar negeri, Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) juga mengirimkan atlet muda ke Asian Youth Championship (AYC) 2017 yang belangsung di Gorillaz Gym, Singapura, 5-9 Juli pekan ini. 17 atlet yunior yang dipersiapkan menjadi atlet elit nasional di masa mendatang, dikirim ke ajang ini. 

Ke-17 atlet yang dikirim terdiri dari sembilan putra dan delapan putri.  Mereka adalah Febi Febrianto (Riau), Berthigna Devi (Jateng), Ndona Nasugian (Jateng), Fauzan Rahman (Jabar), Achmad Tegar Prasojo (Jatim), Alamsyah Cahya (Jatim), Kiromal Katibin (Jateng), Rahmad Adi Mulyono (Jatim), Jasmico (Jatim), Kharisma Ragil (Jatim), Choirul Umi (Jatim), Dyah Pupitaningtyas (DIY), Ni Komang Ayu (Bali), Ravianto Ramadhan (DKI), Raviandi Ramadhan (DKI), Azzah Nabila (Kaltim), Yohanes Sutiyono (Kalsel) dan Ernawati (Kaltim).

Atlet yang dikirim ke Asian Youth Championship 2017 merupakan atlet-atlet yunior dan muda yang masuk peringkat teratas nasional dan hasil akumulasi penilaian dari Pengprov-Pengprov FPTI. AYC 2017, ajang yang menjadi tolak ukur pembinaan atlet muda di tingkat Asia, diikuti 16 negara Asia. Termasuk negara-negara kuat di Asia seperti Jepang, Iran, dan China.

Ajang ini mempertandingkan tiga katagori yakni Yunior, Youth A dan Youth B. FPTI menargetkan dapat meraih tiga emas pada perhelatan kali ini.

“Setiap katagori mempertandingkan nomor lead perorangan putra dan putri, boulder perorangan putra dan putri, serta speed perorangan putra dan putri. Peluang emas bagi Indonesia ada di semua katagori yang dipertandingkan,” kata Manajer Tim Panjat Tebing Indonesia di AYC 2017, Kuntono Halim.

AYC 2017 menyediakan 18 medali emas dan satu emas nomor triathlon. Nomor triathlon diikuti oleh para juara di setiap nomor untuk bertanding lagi di tiga nomor (lead, boulder dan speed) yang  merupakan nomor yang dipertandingkan di Olimpiade.

KEYWORD :

Panjat tebing FPTI Asian Youth Championship 2017




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :