Sabtu, 11/05/2024 22:56 WIB

INTERNASIONAL

Komandan Tinggi Pengawal Revolusi Iran Tewas

Ini merupakan pertama kalinya Iran mengumumkan kematian seorang komandan tinggi.

Kelompok ISIS

Baghdad - Komandan tinggi Korps Pengawal Revolusioner Islam Iran (IRGC), Shaaban Nassiri tewas saat bertempur  melawan IS di sebelah barat kota Mosul. Nassiri tewas di dekat Baaj, salah satu kota terakhir yang masih berada di bawah kendali kelompok IS, di dekat perbatasan Suriah.

Seperti dilansir Tasnim, Ini merupakan pertama kalinya Iran mengumumkan kematian seorang komandan tinggi. "Komandan Shaaban Nassiri menjadi martir dalam operasi militer untuk membebaskan wilayah sebelah barat Mosul," tulisnya.

IRGC adalah pendukung utama kekuatan paramiliter Syiah Irak yang dikenal sebagai Mobilisasi Populer. Mereka memerangi kelompok IS di sebelah barat Mosul. Menurut pejabat Amerika dan Irak, pemimpin ISIS,  Abu Bakr al-Baghdadi diyakini bersembunyi di wilayah ini.

Seorang pejabat Iran mengatakan, sudah lebih dari 1.000 warga Iran tewas dalam perang saudara Suriah. Termasuk beberapa komandan tinggi Garda Revolusi. Iran telah membantu,  melatih dan mengatur ribuan petempur Syiah Irak, Afghanistan dan Pakistan dalam konflik Suriah.

KEYWORD :

ISIS Komandan Revolusi Iran




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :